Life

Bagaimanakah Perasaan Anak Yang Ikut Menutupi Perselingkuhan Orangtuanya

Perselingkuhan merupakan sebuah masalah yang besar yang ada dalam berbagai kasus, tak ada obatnya. Sakit hati, kecewa, maupun merasa dikhianati telah menjadi efek yang pasti anda rasakan saat seseorang tahu jika mereka telah diselingkuhi. Semua ini berlaku tak hanya untuk pasutri. Terkadang, buah hati mereka yang tahu salah satu dari kedua orangtuanya menjalani selingkuh juga akan merasakan akibat tersebut.

Apa efeknya terhadap anak saat tahu bahwa orangtuanya tersebut selingkuh? Bagaimana cara mengatasinya? Susahh untuk mengetahui berapa banyak anak yang ada di tengah perselingkuhan orangtuanya. Kira-kira berkisar antara 25 persen hingga 70 persen. Kadang kala para orangtua juga pintar dalam menyembunyikan perselingkuhan serta masalah mereka di hadapan anak-anak.

Baca Juga ...   Perubahan Sikap Setelah Pacaran Membuat Orantua Menjadi Kecewa

Akan tetapi, berdasarkan pendapat dari Huffington Post ada kira-kira satu juta anak yang orangtuanya cerai tiap tahunnya. Perselingkuhan cenderung jadi salah satu faktor penyebab utama terjadinya perpisahan suami istri. Didapati juga bahwa efek orangtua selingkuh dapat menjadikan anak menjadi syok, marah, gelisah, serta bahkan malu terhadap lingkungan sekitar sebab keluarganya bercerai dan juga berpisah.

4

Parahnya lagi, anak mungkin bakalan mempunyai gangguan dalam membangun kepercayaan, cinta serta kasih sayang dengan seseorang selanjutnya. Ana Nogales, salah satu penulis buku perselingkuhan dan juga psikolog klinis, menyatakan bahwa ada segelintir efek yang bakalan dialami oleh anak saat orangtuanya selingkuh.

Saat mendapati orangtua selingkuh, biasanya anak menjadi susah untuk percaya dengan orang lain. Mereka bakalan beranggapan bahwa orang yang mereka cintai dapat berbohong maupun menyakiti mereka. Ditakutkan juga, mereka nantinya bakalan meyakini bahwa tak ada pernikahan yang akan bertahan lama.

Baca Juga ...   Selalu Ajak Bicara Si Kecil Agar Mendapatkan Anak Yang Cerdas

Anak cenderung tak yakin dengan yang namanya komitmen setia dengan satu orang. Apabila orangtua selingkuh serta menyuruh anaknya ikut menutupi rahasia atas perbuatannya itu, anak dapat mengalami beban mental yang sangat luar biasa. Rasa bersalah, tekanan batin dari orangtua yang sedang selingkuh, serta rasa mengkhianati keluarga dapat menjadikan depresi dan juga kecemasan terhadap diri sang anak.

Anak yang mengetahui adanya masalah perselingkuhan orangtua mungkin menjadi melihat bahwa pernikahan tidaklah janji yang suci. Jadi, mereka memiliki anggapan bahwa kesetiaan itu tak penting. Bahkan mungkin, anak bakalan merasa bingung dalam memahami apa arti mencintai seseorang, kesetiaan, serta pernikahan itu.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Alasan Para Kaum Lelaki Melakukan Perselingkuhan

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.