Life

Apakah Yang Akan Dialami Tubuh Jika Kekurangan Serat?

Kunci untuk menjaga lingkar pinggang bukanlah menjadi sebuah rahasia yang besar lagi. Cukup dengan makan sayur, buah-buahan, protein dan juga gandum utuh. Tidak hanya itu, penting bagi kita dalam memahami bahwa serat adalah bagian yang sangat penting agar kita selalu sehat, berdasarka dua penelitian terbaru yang dimuat di Cell Host & Microbe. Pada kedua penelitian tersebut, beberapa peneliti memberikan makanan dengan tidak mengandung serat untuk tikus. Mereka lantas mempelajari apa yang terjadi dalam usus tikus, serta melacak perubahan berat badan dan juga gula darah.

Tak mengherankan, seluruh tikus yang sedikit mengkonsumsi serat akhirnya mengalami pertambahan berat badan, menderita gula darah tinggi, serta juga resistensi insulin. Tikus pada riset juga memperlihatkan bahwa lapisan pelindung pada usus besar jadi lebih keropos, serta membiarkan bakteri jahat larut dalam tubuhnya, membentuk suatu peradangan. Flora usus juga membuktikan adanya perubahan, di mana bakteri baik pelan-pelan akan musnah, yang menimbulkan keseimbangan mikrobiota yang tak sehat pada sistem gastrointestinal.

Baca Juga ...   Ingin Terapkan Hidup Sehat, Gading Tak Mau Kalah dengan Gisel

2

Riset bisa membantu memulihkan keseimbangan serta kesehatan saluran gastrointestinal dengan mengkombinasikan serat lagi ke dalam makanan tikus, akan tetapi tak semuanya menyembuhkan, juga mengembalikan berbagai macam populasi bakteri murni pada usus.

Makanan yang kurang mengandung serat merubah komposisi serta metabolisme bakteri, yang pada akhirnya menimbulkan kerusakan untuk lapisan usus bagian dalam serta mungkin bakteri akan mendekat, sesuatu yang menimbulkan peradangan serta pada akhirnya memiliki dampak penyakit metabolik. Jadi belajar dari riset di atas, kita juga sebaiknya lebih banyak dan sering untuk mengkonsumsi makan makanan yang banyak mengandung serat supaya kesehatan kita tetap terjaga.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Bagaimanakah Jika Tubuh Sering Melakukan Mastuburi!

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.