News

Apakah Benar Jika Garam Yang Dimasak Akan Berubah Menjadi Racun?

Makin hari, makin banyak isu yang beredar tentang kesehatan ataupun makanan yang disebarluaskan lewat media sosial. Salah satunya yakni opini mengenai garam bahwa garam tak boleh dimasak. Beberapa orang yang meyakini garam dapat berubah jadi racun jika diolah serta dimasak. Apa mungkin kandungan garam bakalan mengalami perubahan jadi racun ketika diolah ataupun dimasak?

Garam merupakan sumber makanan yang paling besar yang menawarkan mineral dengan nama natrium bagi tubuh manusia. Garam kerap dikenal dengan nama natrium klorida karena garam terdiri dari 40 persen natrium, serta 60 persen klorida. Kandungan garam tersebut yakni mineral yang berposisi sebagai elektrolit penting yang diperlukan tubuh. Mineral-mineral tersebut membantu dalam menjaga keseimbangan cairan, fungsi saraf, serta fungsi otot tubuh dengan menyeluruh.

Baca Juga ...   Bukannya Tidak Mungkin, Suatu Saat Nanti Internet Pasti Akan Mati, Apa Penyebabnya?Cekidot!

Dengan demikian, amatlah penting untuk memperoleh asupan garam yang kita makanan sehari-hari, namun jangan sampai dikonsumsi secara berlebihan. Berlebihan dalam mengonsumsi garam bisa meningkatkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi maupun hipertensi serta beresiko mengalami penyakit jantung.

1

Pada suatu hari, anjuran makan garam yang pas yakni kurang dari sesendok teh bagi orang dewasa. Sedangkan bagi anak yang usianya 5 tahun ke atas, batas yang paling aman untuk mengkonsumsi garam setiap harinya yakni setengah hingga tiga perempat sendok teh. Apakah yang akan terjadi ketika garam diolah? Apa betul akan mengalami wujud menjadi racun?

Garam merupakan sekumpulan zat mineral. Memasak tak mengurangi kandungan dari mineral yang ada dalam makanan ketika jumlah yang besar. Kalaupun mengalami penurunan, jumlahnya juga tak terlalu banyak. Mineral yang ada dalam makanan yang biasanya tak dipengaruhi dengan proses memasak yaitu kalsium, yodium, natrium, besi, zinc, kromium, serta mangan. Mengolah garam tak bakalan merubah mineral tersebut jadi racun. Misalnya yang telah diulas sebelumnya, kandungan garam merupakan mineral. Mineral tersebut tak berubah jadi racun maupun zat yang berbahaya selama garam ini memang dibuat dengan memakai bahan yang aman, tak diberikan campuran khusus dengan produsennya.

Baca Juga ...   Jaksa Penuntut Umum: Gatot Lakukan Tindakan Asusila

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.