News

Pemerintah Tanggapi Keluhan Aturan Siswa WNI Pindah Sekolah Dari Luar Negeri

Beberapa waktu yang lalu, pengguna dunia maya dihebohkan dengan unggahan foto dari akun @mantriss pada media sosial Twitter. Akun tersebut mengunggah perbandingan persyaratan WNI pindah sekolah di dalam negeri. Dalam unggahan tersebut terlihat bahwa persyaratan di Indonesia jauh lebih ribet jika dibandingkan dengan persyaratan di luar negeri. Tak heran jika penggunggahnya mengeluhkan aturan di dalam negeri tersebut.

Menindaklanjuti keluhan warganya, Kemdikbud berjanji akan menyederhanakan aturan WNI yang pindah sekolah ke dalam negeri. Selain itu, Hamid Muhammad, selaku Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud menjelaskan bahwa sebenarnya pelayanan WNI yang pindah sekolah ke dalam negeri telah dilayani melalui online.

“Sekarang sedang dievaluasi untuk disederhanakan,” ungkap Hamid kepada wartawan, Rabu (4/10/2017).

Baca Juga ...   Begini Kondisi Restoran Ruben Onsu yang Terbakar

Sayangnya, Hamid tidak menjelaskan bentuk penyederhanaan aturan tersebut. Mengingat yang dikeluhkan adalah jumlah persyaratan dan prosedur yang ribet, Hamid enggan menyebutkan bagian mana yang hendak disederhanakan. Hasil dari penyederhanaan ini nantinya dapat dilihat dalam aturan Permendikbud.

Nanti dilihat kalau sudah keluar Permendikbudnya,” pungkasnya.

Awalnya, ribetnya aturan WNI yang hendak pindah sekolah ke dalam negeri terekspos setelah seorang yang bernama Kari Tri Aji mengunggah sebuah cerita pengalaman anaknya yang hendak pindah sekolah ke Indonesia. Anaknya pindah sekolah ke Australia lima tahun yang lalu hanya membutuhkan dua persyaratan sedangkan ketika anaknya kembali ke Indonesia dan ingin pindah sekolah ke dalam negeri justru harus dipersulit dengan sederet persyaratan dan prosedur.

Baca Juga ...   Ini Azura Luna Penipu Ulung dan Sosialita Palsu Asal Kediri, Tiap Bulan Dapet 2M dari Hasil Menipu dan Jadi Buronan Luar Negeri

Kemudian, @mantriss mengunggah screenshoot postingan Kari Tri Adji dalam akun Twitternya. Hingga kini sudah lebih dari 4 ribu kali dibagikan dan dibanjiri dengan ratusan komentar. Isi unggahan yang kini telah viral tersebut kurang lebih seperti di bawah ini:

KETiKA anakku mendaftar sekolah di Australia 5 taun lalu sebagai WARGA ASING, syaratnya :
1. Mengisi form tgl lahir dan alamat.
2. FC Paspor dan Visa.
Hari pertama langsung masuk sekolah.

Ketika anakku mendaftar sekolah di Indonesia sebagai anak bangsa, WNI aseli 100% Jawa, syaratnya :
1. Pengantar dari kedutaan.
2. Pengantar dari Depdiknas.
3. Konversi nilai dari Depdiknas.
4. Pengantar dari Diknas Provinsi.
5. Wawancara dgn sekolah ybs.
6. Mengikuti program matrikulasi.
7. Baru masuk sekolah Jan atau Juli.
Harus datang ke Depdiknas Jakarta sendiri untuk wawancara..!

Akhirnya dengan berat hati saya berkata “Nak selesaikan SMAmu dgn cepat. Kuliah balik ke Sydney dan jadilah WN Australia. Berbaktilah pada kemanusiaan, bukan pada negaramu atau agamamu” ?

#PengenNangis

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Breaking News : Ini Dia Hasil Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri 2019, Hari Raya Idul Fitri 1440 H jatuh pada hari Rabu 5 Juni 2019

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.