Video

Viral, Video Pendaki yang Ada Di Puncak Saat Gunung Merapi Mengalami Letusan Freatik

 

Gunung Merapi mengalami letusan freatik pada Jumad (11/05/2018) kemarin. Letusan yang terjadi tidak tergolong besar dan tidak berbahaya. Berdasarkan keterangan dari Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, yang bernama Sutopo Purwo Nugroho, Letusan Freatik yang terajadi pada pukul 07.43 itu sering terjadi pada gunung api yang masih aktif.

Letusan ini disertai dengan suara gemuruh yang berasal dari dalam kawah dan mengeluarkan abu vulkanik, pasir dan berbagai material lainnya. Meski tidak tergolong besar dan bahaya, letusan gunung Merapi ini cukup membuat warga di Yogyakarta dan sekitarnya merasa panik. Tak hanya itu saja, abu vulkanik juga menyebabka kota Yogyakarta dan sekitarnya sempoat diguyur hujan abu.

Baca Juga ...   Video Detik-detik Terjadinya Kesurupan Saat Nonton Annabelle

Tak perlu waktu lama, berbagai foto yang diambil dari berbagai lokasi yang menunjukkan letusan Merapi begitu cepat beredar di media sosial. Sebagian besar pengguna media sosial memanjatkan doa agar gunung yang telah sekitar 8 tahun itu sempat ‘tidur’ tidak meletus dan menyebabkan bahaya bagi warga dan masyarakat.

Selain foto, rupanya ada sebuah video tentang letusan gunung Merapi yang menjadi viral dan menghebohkan. Bagaimana tidak, video tersebut diambil dari puncak merapi bertepatan dengan Merapi tersebut menyemburkan materialnya. Video tersebut rupanya diambil dari sekelompok pendaki Gunung Merapi yang sedang memasak makanan untuk menu saparapan. Jarak mereka beristirahat sangat dekat dengan puncak Merapi sehingga langsung bisa terlihat puncaknya dengan jelas.

Baca Juga ...   Gara-Gara Unggahan Video Ini, Luna Maya Dikecam Pecinta Hewan

Aksi pendaki ini menghebohkan karena mereka malah merekam dan menyaksikan letusan tersebut. Untung saja letusan yang terjadi tidak membawa serta magma dan wedus gembel. Meski demikian, mereka kemudian langsung bersiap-siap untuk segera menjauhi puncak karena jarak aman yang ditentukan berkisar 3 km.



Mau HP Murah Berkualiatas? BACA INI DULU

Tidak hanya sekelompok pendaki tersebut, dilaporkan bahwa setidaknya ada 160 pendaki yang pada saat terjadi letusan mereka berada di sekitar Gunung Merapi dekat dengan puncaknya. Bukan karena kesalahan mereka, karena memang letusan freatik yang terjadi kemarin itu tidak terdeteksi oleh BMKG DIY, sehingga jalur pendakian tetap dibuka untuk umum. Pendakian yang sebenarnya hanya disarankan untuk mencapai Pasar Bubrah dan tidak diperkenankan mencapai puncak.

Baca Juga ...   Viral, Video Bapak Tendang Anak Main Ayunan di Playground

Berikut video detik-detik Gunung Merapi mengalami letusan freatik.

 

Baca Juga Yang Ini:


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.