Life

Lakukan Makan Bertahap Ketika Buka Puasa Agar Perut Tidak Terasa Sakit

Beberapa tenaga kesehatan yang ada di berbagai negara menghadapi pasien dengan penyakit yang sama pada tiap Bulan Ramadhan datang. Beberapa di antara mereka merasa kram perut serta merasa perutnya kembung. Menjalankan ibadah puasa lebih dari 12 jam bakalan menjadikan kita tergoda untuk menyantap makanan apapun ketika berbuka, padahal ini dapat membahayakan kesehatan.

Dr Hani Jaber yakni salah satu konsultan kesehatan mengatakan paling tidak ada dua sampai dengan tiga pasien tidap harinya di bulan Ramadhan 2017 silam yang mengeluhkan mengenai sakit perut usai melakukan buka puasa. Ini biasanya sering kali disebabkan oleh makan yang berlebihan, kata Jaber pada The National. Tiap tahunnya, banyak dokter memberikan anjuran yang sama untuk para kaum Muslim yang menjalankan ibadah puasa, yaitu makan dengan cara bertahap ketika berbuka. Alhasil langsung terlihat. Angka mereka yang mengeluh dengan masalah kesehatan di Bulan Ramadhan menurutnya stabil untuk tiap tahunnya dengan setiap rumah sakit.

1

Maka dari itu, diperlukan kesadaran masyarakat dalam merubah pola makan yang berlebihan kestika melakukan buka puasa. Bayangkan saja perut kita merupakan mesin mobil yang telah dimatikan dalam waktu yang amat lama. Ketika dinyalakan lagi, kita memerlukan waktu pemanasan sebelum menjadikannya untuk berlari dengan kencang. Hal yang serupa kita aplikasikan dengan sistem pencernaan, ungkap Jaber.

Mayoritas anjuran medis merekomendasikan untuk mengawali buka puasanya dengan makanan ringan misalnya sup, setelah itu menjalankan ibadah sholat magrib sebelum makan makanan berikutnya. Mulailah dengan mengawali buka puasa dengan porsi kecil serta makan makanan yang mengandung nutrisi ketika berbuka puasa.

Janganlah makan makanan yang mengandung banyak lemak, mengkonsumsi minuman yang mengandung karbonasi, jus serta sirup dengan konsentrasi gula yang tinggi dan banyak disajikan ketika Bulan Ramadhan, tambahnya. Hal yang paling penting, pastikan tubuh anda tidak dehidrasi dengan mengkonsumsi banyak air. Menurutnya, air amatlah penting serta pastikan tubuh kita terhidrasi sepanjang waktu berpuasa supaya selalu sehat.


Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.