Life

Anjuran Bagi Penderita Diabetes Yang Akan Menjalankan Ibadah Puasa

Untuk para penderita diabetes yang akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan kali ini, maka ada hal yang penting yang harus anda perhatikan. Salah satunya yakni dengan mengetes kadar gula darah selama puasa berlangsung mesti anda lakukan dengan cara berkala. Terutama pada minggu awal Ramadhan.

Hal tersebut penting, untuk memastikan bahwa kadar gula darah ada dalam level yang aman. Saran ini dianjurkan oleh Qatar Diabetes Association (QDA) seiring dengan hadirnya bulan suci Ramadhan.  Dalam himbauan ini QDA juga menegaskan jika langkah pengetesan gula darah tak akan membatalkan puasa anda.

Saran yang dianjurkan yakni apabila penderita menemui level gula darahnya anjlok, maupun hasil pemeriksaan ada pada batas bawah 70 mg/dl, maka penderita mesti membatalkan puasanya secepatnya.

Baca Juga ...   Langkah – Langkah Memiliki Pikiran Yang Sehat Agar Kita Tidak Mudah Stres

4

  1. Banyak minum

Sementara itu, demi menghindar terjadinya dehidrasi serta melindungi fungsi ginjal, penderita diabetes mesti memperbanyak untuk mengkonsumsi banyak air pada masa antara berbuka serta saat sahur. Lantas, mesti anda sadari bahwa hidangan misalnya jus, kurma, maupun kue kering akan menimbulkan peningkatan tajam untuk kadar gula darah. Jadi, bagi para penderita diabetes haruslah menghindari maupun mengontrol asupan jenis-jenis makanan yang telah kami sebutkan diatas.

  1. Dukungan Dari Keluarga

Pada sisi lain, suport dari keluarga untuk para penderita diabetes yang akan menjalankan ibadah puasa adalah faktor yang sangatlah penting. Salah satu bentuk suport tersebut yakni dengan mengkonsumsi makanan sehat penderita diabetes untuk semua keluarga, di samping selalu menjaga pola hidup yang sehat.  Karbohidrat diketahui sangatlah memperngaruhi kadar gula darah, sehingga bagi para penderita diabetes mesti berhati-hati dalam makan makanan tersebut. Kandungan karbohidrat banyak sekali didapati pada nasi, pasta, roti, serta beberapa jenis sayuran. Dan juga pada buah serta bermacam-macam hidangan penutup buka.

  1. Hindarilah mengkonsumsi kafein
Baca Juga ...   Olahraga Ketika Bulan Puasa, Bagaimanakah Sebaiknya?

Tak hanya itu, dalam menjaga tubuh agar tetap terhidrasi secara baik ketika menjalankan ibadah puasa, penderita sianjurkan untuk jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.