News

Yuk Ikuti Tips Berikut Ini Agar Kita Tetap Segar dalam Menjalankan Ibadah Puasa

 

Bulan puasa merupakan bulan yang selalu dinantikan oleh semua umat muslim. Selain dimana terdapat turunnya Al-quran, bulan ramadhan adalah waktu yang dimana semua pahala kebaikan maupun ibadah dilipatgandakan. Nah, bagi kalian  yang ingin puasanya tetap lancar dan selalu segar agar dapat memaksimalkan ibadah maupun bekerja, yuk intip tips-tips berikut ini.

Terapkan Pola Minum 242

Tubuh memerlukan asupan air putih kurang leboh 8 gelas perhari. Meski berpuasa, tubuh tetap harus mendapatkan asupan volume air putih yang sama. Oleh karena itu, menerapkan pola minum 242 sangat penting untuk dilakukan agar tubuh tetap segar dan bugar selama berpuasa. Minumlah air putih 2 gelas ketika berbuka, 4 gelas selama setelah berbuka hingga akan tidur, kemudian 2 gelas kembali air putih ketika sahur.

Baca Juga ...   Beda Pendapat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Tentang Gaya Berbusana Anak

Konsumsi Buah dan Sayur

Kandungan dalam buah dan sayur mampu mengimbangi kondisi tubuh saat berpuasa akibat terkurasnya tenaga maupun asupan. Konsumsi buah saat berbuka mampu lebih cepat mengembalikan tenaga, sedangkan mengkonsumsi sayur ketika sahur mampu mencegah perut cepat lapar.

Olahraga

Meskipun berpuasa, jangan pernah meninggalkan olahraga. Sebaiknya olahraga dilakukan ketika menjelang berbuka dengan durasi kurang lebih 20-30  menit sebelum berbuka. Lakukanlah olahraga ringan seperti jalan-jalan santai atau dengan sedikit berlari hingga gerakan-gerakan lain dalam olaraga.

Hindari Makan Berlebihan Ketika Berbuka

Meski telah seharian menahan lapar dan haus, sangat tidak disarankan untuk menyantap makanan secara berlebihan ketika berbuka puasa. Makanlah secukupnya dan ulangi makan jika  masih dirasa lapar ketika setelah sholat tarawih. Makan banyak ketika berpuasa berdampak negatif pada kesehatan tubuh.

Baca Juga ...   Tips Ampuh Dalam Menyiasati Terjadinya Dehidrasi Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Sebaiknya Tidur Siang Walau Hanya Sejenak

Tak dipungkiri jika bulan ramadhan tentu akan merubah pola tidur kita. Kita harus bangun untuk makan sahur sebelum subuh tiba. Untuk memenuhi kebutuhan tidur dalam sehari, tidur siang dianjurkan meski hanya beberapa saat agar tetap segar dalam menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.