News

Tips Ampuh Dalam Menyiasati Terjadinya Dehidrasi Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Tidak minum dalam waktu kurang lebih 12 jam ketika menjalankan ibadah puasa sambil menjalankan kegiatan di luar ruangan bisa menjadikan kita akan mengalami terjadinya dehidrasi. Walaupun memang, dehidrasi yang dialami saat puasa adalah dehidrasi yang ringan serta tidak membahayakan nyawa.

Akan tetapi, tetap aja hal ini mungkin bakalan menghambat banyak kegiatan sebab situasi tersebut menyebabkan banyak gejala misalnya pusing, sakit kepala, serta badan terasa sangat lelah. Lantas gimana supaya tidak mengalami dehidrasi ketika menjalankan ibadah puasa? Tubuh kita terdiri atas 70% cairan, maka dari itu cairan amat penting dalam mempertahankan fungsi tubuh normal. Maka dari itu, jangan anda sepelekan kebutuhan cairan untuk tubuh kita.

Baca Juga ...   Rocky Gerung Dibohongi Ratna Sarumpaet

Kita mesti mempunyai perencanaan sendiri dalam memenuhi kebutuhan ini supaya tidak mengalami dehidrasi. Di bawah ini adalah hal-hal yang bisa membantu dalam mencegah dehidrasi ketika berpuasa.

1

  1. Tetap mengkonsumsi air berdasarkan kebutuhan

Pada umumnya, kebutuhan cairan masing-masing orang beda-beda, sama bagaikan kebutuhan kalori. Kebutuhan tersebut bergantung dengan kegiatan dan juga situasi fisik dari masing-masing individu. Akan tetapi, kebutuhan rata-rata orang dewasa membutuhkan air paling tidak 8 gelas air setiap harinya maupun setara dengan 2 liter air.

Lalu bagaimanakah dalam mengatur kebutuhan cairan ketika berpuasa? Kita dapat menerapkan aturan 2-4-2 saat menjalankan ibadah puasa. Semua ini artinya 2 gelas ketika sahur, 4 gelas ketika berbuka puasa, serta 2 gelas sebelum tidur maupun menjelang sahur.

  1. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin ketika sahur
Baca Juga ...   Just Anak Bungsu Yang Menjalankan Puasa Tanpa Ditemani Kakak Di Rumah, Sepi banget Bukan?

Baru menjalankan beberapa jam puasa telah merasakan haus? Bisa jadi menu sahur bisa menjadi alasannya. Ya, makanan yang mengandung garam bisa menjadikan kita merasa haus bahkan sampai mengalami kekurangan cairan. Karena, garam amat memiliki efek terhadap pengaturan cairan pada tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi garam yang masuk pada tubuh hanya bakalan mengacaukan pengaturan ini serta akhirnya menjadikan kita mengalami haus yang cepat.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Spesifikasi, fitur, dan wujudnya dari Galaxy note 9
zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.