News

Cara Mengatasi Ketika Sakit Kepala Saat Menjalankan Puasa

Tidak sedikit orang yang mengalami sakit kepala ketika tengah menjalankan ibadah puasa. Terutama untuk mereka yang belum terbiasa menjalankan ibadah puasa serta sedang menjalankan ibadah puasa pada Bulan Ramadan. Jangan khawatir, sebab semua itu wajar saja terjadi bagi tubuh yang tak mengkonsumsi makanan lebih dari 12 jam dalam seharian penuh.

Rasa sakit kepala yang anda rasakan, biasanya mempunyai intensitas ringan sampai dengan moderat, yang terasa pada bagian depan kepala (dahi) serta tidak berdenyut. Jenis sakit kepala tersebut lebih pada sakit kepala tegang (tension headache), alih-alih anda merasakan migrain. Sakit kepala ini kerap kali berkembang bersamaan dengan tambahnya durasi menjalankan ibadah puasa. Pada salah satu studi, para peneliti mencatat bahwa orang-orang yang sering mengalami sakit kepala pada hari biasa, cenderung bakalan mengalami sakit kepala ketika menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga ...   Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru, Lengkap Dengan Terjemahannya

1

Dengan kata lain, apabila anda telah sering mengalami sakit kepala, anda bakalan lebih rentan mengalami sakit kepala ketika sedang puasa. Apakah penyebabnya? Sebab dari hadirnya sakit kepala ketika menjalankan ibadah puasa masih jadi perdebatan. Salah satu mekanisme potensial yang diperkirakan beberapa ahli yakni hipoglikemia maupun tekanan darah rendah.

Lebih spesifiknya lagi ada beberapa ahli yang mempercayai bahwa mereka yang mempunyai faktor genetis, perubahan kecil dengan gula darah dapat menyebabkan reseptor sakit yang dialami oleh otak, yang menyebabkan timbulnya rasa sakit kepala ketika berpuasa. Pada sisi lain, beberapa ahli lainnya tak menganggap hipoglikemia menjadi salah satu penyebabnya. Bagi orang-orang sehat, level glikogen dalam hati cukup dalam menjaga glukosa normal sampai 24 jam. Sakit kepala ketika berpuasa mungkin akan hadir dengan level glukosa normal. Salah satu riset membuktikan bahwa hipoglikemia tak menyebabkan sakit kepala dengan penderita migrain. Sakit kepala dianggap tidak menjadi salah satu gejala hipoglikemia yang mewajibkan seseorang mencari pengobatan darurat.

Baca Juga ...   Tips Untuk Para Orangtua Yang Memiliki Anak Kegemukan

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.