Life

Apakah Bahayanya Terlalu Sering Mengkonsumsi Gorengan Ketika Buka Puasa?

Salah satu kebiasaan orang Indonesia saat berbuka puasa yakni menyantap gorengan, mulai dari bakwan, risol, tempe goreng, tahu goreng, serta masih banyak yang lain sebagainya. Gorengan jadi menu wajib bagi kebanyakan orang Indonesia ketika berbuka puasa. Apabila tak ada gorengan dalam menu buka puasa, rasanya sedikit aneh. Akan tetapi, di balik kelezatannya, tersimpan efek buruk untuk kesehatan apabila kita kerap berbuka puasa dengan gorengan.

Kandungan lemak dalam minyak yang ada dalam gorengan menjadikan gorengan susah dicerna, terutama saat gorengan jadi makanan pertama yang dimakan usai menjalankan puasa. Bayangkan aja, saat perut menjadi kosong usai puasa satu harian penuh, perut mesti mencerna lemak yang ada dalam gorengan tersebut. Pastinya, saluran pencernaan kerja lebih keras demi bisa mencerna lemak itu. Sebab susah untuk dicerna, proses dalam mencerna gorengan bakalan memakan waktu lama dan juga bisa mengganggu serta menghambat saluran pencernaan demi memproses zat gizi yang lainnya.

Baca Juga ...   Bahaya Memencet Komendo Akan Membuat Peradangan Pada Kulit Wajah

1

Sebab gorengan lebih lama untuk dicerna, perut tak akan merasa cepat kenyang. Karenanya, kita bakalan menambah makan gorengan lagi serta lagi serta menimbulkan terlalu banyak makan. Terkadang mungkin kita tak menyadari telah mengkonsumsi gorengan hingga beberapa potong. Usai berhenti makan gorengan, baru akan merasakan perut sudah penuh serta merasa kenyang. Berbuka puasa dengan gorengan bisa menyebabkan keluhan yang dirasakan beda-beda dengan setiap orang. Mereka yang mempunyai saluran pencernaan sensitif, gorengan bisa merangsang asam lambung naik yang akan menimbulkan heartburn (perasaan panas maupun terbakar pada sekitar perut bagian atas). Kandungan lemak jenuh yang terdapat dalam gorengan bisa menyebabkan asam lambung naik. Tak hanya itu, susahnya lemak untuk dicerna serta kandungan serat yang amatlah sedikit dalam gorengan bisa menimbulkan konstipasi maupun sembelit.

Baca Juga ...   Beberapa Perilaku Yang Dapat Membahayakan Organ Intim Wanita

Banyak orang mungkin juga merasakan tenggorokan gatal usai mengkonsumsi gorengan. Semua ini disebabkan ada kandungan akrolein dalam gorengan yang menimbulkan rasa gatal. Akrolein tersebut terbentuk dari minyak yang telah digunakan hingga berulang-kali. Faktor utama yang menjadi penyebab gorengan tak sehat sebetulnya ada dalam minyak goreng yang digunakan untuk menggorengnya.

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.