Seleb

Vicky Shu Jalankan Acara 7 Bulanan Kehamilan dengan Adat Jawa, Janin yang Dikandung Diprediksi Laki-Laki

 

Mitoni dalam bahasa jawa merupakan adat untuk memperingati 7 bulan kehamilan. Adat yang begitu kental dengan nuansa jawa ini dipilih oleh Vicky Shu dan sang suami untuk mendoakan kehamilannya. Vicky dan Ade Iman, sang suami begitu antusias dan khikmad menjalankan serangkaian prosesi yang ada dalam budaya Mitoni tersebut.

Berdasarkan penuturan Vicky Shu, ia dan suami menggelar prosesi Mitoni bertujuan sebagai syarat mendapatkan doa dari keluarga dan kerabatnya. Mengingat kehamilannya sudah memasukki usia 7 bulan, doa agar bayi yang dikandung sehat hingga selamat sampai dilahirkan nanti tentu menjadi hal penting.

Iya hari ini Alhamdulilah kami mengadakan acara tujuh bulanan dengan adat budaya Jawa. Buat syarat aja sih sama doa ya, supaya sampai dengan nanti lahir anaknya sehat selamat, ibu dan anaknya,” tutur Vicky Shu saat ditemui di Hotel Grand Haytt di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (19/05/2018).

Baca Juga ...   Sebar Undangan Pernikahan Sedikit Saja, Ini Dia Alasan Vicky Shu?

Setidaknya ada beberapa serangkaian acara dalam Mitoni yang diikuti oleh Vicky Shu dan Ade Iman. Mulai dari siraman hingga untuk memprediksi jenis kelamin anak dengan prosesi pecah kendi. Semua prosesi tersebut sangat kental dengan adat jawa dan sangat khikmad. Pasalnya, dimasing-masing prosesi tersebut mengandung makna mendalam.

Kalau prosesinya memang penuh dengan makna ya, setiap proses yang ada itu ada artinya, mulai dari sungkeman, pengajian, siraman, terus mecah kendi,” tambah Vicky Shu

Salah satu prosesi yang diiikuti oleh Vicky Shu adalah prosesi pantes-pantes yang melambangkan kini dirinya telah mengandung selama 7 bulan.

Terus ada pantes-pantes, jadi kayak ganti baju tujuh kali menandakan tujuh bulan kehamilan, insya Allah abis ini makin dilancarkan,” timpal sang suami.

Baca Juga ...   Ngaku Dikecewakan Iqbaal Ramadhan, Netter Ini Curhat Ke Ernest Prakasa

Kejadian yang dalam prosesi yang membuat Vicky Shu takjub adalah ketika prosesi pecah kendi. Dimana dalam prosesi tersebut jika janin yang dikandungnya diprediksikan berjenis kelamin laki-laki.

Kalau jenis kelaminnya sih masih dirahasiakan, tapi kalau tadi mengikuti prosesi tuh udah ada kode-kode,” kata Vicky Shu.

Iya yang pecah kendi kalau hasilnya begini anaknya laki-laki. Insya Allah udah tahu (jenis kelaminnya),” lanjut Vicky.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Juwita Bahar Dituding Tidak Peduli Dengan Keluarga, Dewinta Bahar Ungkapkan Hal Mengejutkan Ini

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.