News

Cegah Sembelit Saat Puasa degan Konsumsi 5 Makanan Kaya Serat Ini

 

Asupan makanan yang berkurang dan juga dibatasi ketika berpuasa memiliki dampak berkurang pula asupan serat untuk tubuh. Disarankan sebanyak 25-30 gram serat dari sumber makanan diperlukan orang setiap hari untuk melancarkan pencernaan. Jika jumlah tersebut tak terpenuhi, maka akan berdampak pada tidak lancarnya proses pencernaan di dalam tubuh.

Meski berpuasa, sebaiknya orang tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber serat tinggi agar kesehatan pencernaan tetap terjaga. Beberapa jenis makanan berikut ini memiliki kandungan serat tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan seratmu meski sedang berpuasa.

Buah Apel

Apel terkenal sebagai buah yang mengandung serat tinggi. Setiap 100 gram apel, kandungan seratnya sekitar 2,4 gram. Kandungan lain dalam buah apel sangat penting  bagi tubuh, yaitu mampu menjaga kestabilan metabolism tubuh, menurunkan kolesterol, membantu penyimpanan energy, dan baik untuk menurunkan berat badan bagi orang yang diet.

Baca Juga ...   Tips Pacaran Terbaik Agar Tetap Harmonis Dan Nyaman Saat Berhubungan

Kacang-Kacangan

Seperti pada apel, makanan jenis kacang-kacangan beberapa diantara mengandung banyak sekali serat. Kandungan serat yang tinggi tentu sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Salah satu jenis kacangan yang tinggi serat adalah kacang hitam. Lebih dari 15 gram serat terkandung dalam secangkir kecang. Serat yang tidak larut dalam pencernaan ini membantu pergerakan di usus sehingga proses pencernaan menjadi lebih lancar.

Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan dan manfaat komplit adalah brokoli. Brokoli mengandung serat tinggi namun kalorinya rendah sehingga merupakan sumber nutrisi yang amat baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan manfaat dari kandungan brokoli secara maksimal, sebaiknya dimasak setengah matang. Semakin matang proses memasak, maka kandungan di dalamnya juga akan semakin berkurang.

Baca Juga ...   Manfaat Mastuburi Untuk Kaum Hawa

Buah Anggur

Kesegaran buah anggur dapat menghilangkan dahaga dan sekaligus memperoleh banyak manfaatnya. Buah anggur mengandung banyak air sehingga akan lebih cepat menghilangkan dahaga ketika berbuka. Selain itu, anggur juga mengandung kira-kira 0,9 gram serat pangan di setiap 100 gram. Kandungan serat yang cukup tinggi tersebut mampu menyehatkan pencernaan. Sedangkan kandungan lainnya mampu mencegah terjadinya jantung koroner, mencegah insomnia, menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah diabetes dan menyembuhkan hipertensi.

Buah Beri-Berian

Kandungan serat beri-berian, seperti stroberry, blackberry dan raspberry sekitar 2 gram pada setiap 100 gram buah. Buah berian yang paling sering dijumpai di Indonesia adalah buah stroberry yang mengandung banyak nutrisi. Kandungan  nutrisi pada stroberry sangat baik bagi kesehatan tubuh dan juga melancarkan pencernaan.

Baca Juga ...   4 Alasan Mengapa Kurma Selalu Hits Di Bulan Ramadhan

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.