Film, TV & Musik

Hanin Dhiya Akhirnya Klarifikasi Masalah Ubah Lirik dan Cover Lagu ‘Akad’

Lagu yang berjudul Akad merupakan salah satu lagu yang populer pada tahun ini. Lagu yang dinyanyikan oleh Payung Teduh ini memiliki lirik yang bisa membuat pendengarnya merasa luluh dan baper. Saking bagusnya untuk didengar dan diresapi, banyak musisi yang kemudian membuat lagu Akad dengan versi cover. Tak  tanggung-tanggung, ada pula yang sampai merubah lirik lagunya.

Menanggapi banyak musisi yang  meng-cover lagunya, rupanya Payung Teduh sebagai penyanyi aslinya merasa sedikit geram dan resah. Payung Teduh menyampaikan keresahannya melalui video yang diunggahnya dalam akun Instagram. Dalam unggahan tersebut, Payung Teduh menyampaikan terimakasih dan juga menyayangkan beberapa pihak yang meng-cover ­lagunya tanpa izin.

“Terima kasih buat semua apresiasi teman-teman terhadap lagu Akad. Namun tolong lebih bijak lagi ya (emoji) Yang setuju monggo. Bantu regrann (emoji)”, tulis Payung Teduh dalam kolom keterangan video yang diunggahnya tersebut.

payung teduh

Berbicara soal cover, Hanin Dhiya merupakan salah satu musisi jebolan Rising Star Indonesia yang berhasil menarik penonton videonya jauh lebih banyak daripada video milik Payung Teduh sendiri. Tak hanya itu saja, Hanin juga merubah sedikit lirik asli dari lagu Akad. Hiruk pikuk berkaitan dengan tidak adanya ijin membuat cover lagu Akad, otomatis Hanin menjadi orang pertama yang disoroti. Tak heran jika kemudian banyak komentar miring menghampiri Hanin tentang lagu yang dicovernya tersebutu.

Menanggapi berbagai komentar yang menghampiri dirinya, Hanin kemudian memberikan penjelasan atau klarifikasi berkaitan dengan cover lagu Akad tersebtu. Klarifikasi ini diunggahnya dalam YouTube All About Hanin. Melalui unggahan ini pula, gadis remaja runner up Rising Star Indonesia ini juga menyampaikan permohonan maaf.

“Terus terang Hanin sama tim memang belum pernah melakukan permohonan secara resmi tapi pernah secara lisan. Jadi manajer Hanin menyampaikan masalah izin cover lagu tersebut kepada seseorang yang dia kenal (dekat dengan Payung Teduh). Tapi ya kita emang nggak pernah mastiin lagi udah nyampe (izinnya ke Payung Teduh) atau belum,” kata Hanin dalam video.

“Soal lirik lagu yang Hanin ubah sedikit, jujur Hanin nggak ada sama sekali niatan dan maksud untuk mengubah atau merusak makna lagu tersebut atau lebih ekstremnya menyebut lagu tersebut adalah milik Hanin. Di sini Hanin hanya mengubah bagian tersebut disesuaikan dengan gender dan usia Hanin saat ini,” tambah Hanin.

Join The Discussion