News

5 Jenis Buah yang Kurang Baik Dikonsumsi Ketika Berpuasa

 

Buah memang mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kebutuhan tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah segar ketika berbuka dan sahur sangat dianjurkan oleh ilmu kesehatan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Namun, rupanya tidak semua jenis buah-buahan baik dikonsumi bagi orang yang berpuasa karena memiliki dampak tertentu. Berikut ini 5 jenis buah yang harus diminimalisir dikonsumsi ketika berpuasa.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung asam yang tinggi dan berdampak pada kenaikkan asam lambung. Jeruk nipis sangat tidak dianjurkan dikonsumi ketika perut masih dalam keadaan kosong. Oleh karena iti, berbuka puasa dengan menambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam the adalah pilihan yang kurang tepat.

Baca Juga ...   Cara Proses Penyimpanan Buah Dan Sayuran Agar Tidak Membusuk

Durian

Durian merupakan buah yang jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih akan memiliki dampak kurang baik, seperti pusing. Kondisi yang sama akan dirasakan oleh orang yang berpuasa dan kemudian berbuka menyantap buah durian. Kandungan alkohol di dalam durian yang tinggi bisa memicu munculnya gas berlebih di dalam saluran pencernaan sehingga memicu rasa pusing di kepala.

Buah Kalengan

Buah kalengan dianggap menjadi kurang baik dikonsumsi oleh orang berpuasa karena dalam proses pembatanya melibatkan pengawetan, baik itu dengan pemanis atau garam. Campuran bahan lain inilah yang  menjadikan buah kalengan cenderung tidak sehat jika dikonsumsi oleh orang yang berpuasa. Biasanya kita akan sering menjumpai buah kalengan ini di dalam esh buah atau es campur yang dijual sebagai takjil.

Baca Juga ...   Si Cantik Ini Baru Saja Ulang Tahun, Kira-Kira Doa Dan Harapannya Apa Ya?

Mangga

Kandungan asam dalam buah mangga terbukti sangat tinggi meskipun rasanya manis. Bagi penderita maag, wajib berhati-hati ketika mengkonsumsi buah mangga ketika berbuka. Mengkonsumsi buah mangga bagi penderita maag akan memicu timbulnya peradangan pada lambung.

Nangka

Nangka dikenal sebagai buah yang mengandung banyak getah. Getah inilah yang kemudian memiliki dampak kurang baik bagi lambung. Getah dari buah nangka akan menimbulkan gas di dalam organ pencernaan dan dampaknya bisa membuat perut terasa kembung atau begah.

Itulah 5 jenis buah yang harus hati-hati dikonsumsi ketika perpuasa karena memiliki dampak kurang baik bagi tubuh. Ada baiknya jika memilih jenis buah-buahan lain sebagai sumber serat dan nutrisi bagi tubuh ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga ...   Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Asupan Vitamin E

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.