Life

Hindari Penggunaan Antidepresan Justru Akan Membuat Berat Badan Meningkat

Salah satu pakar kesehatan sudah lama menjelaskan apabila depresi bisa menimbulkan adanya kenaikan berat badan. Sebaliknya, kelebihan berat badan juga dapat menimbulkan depresi. Saat ini, sudah ada penelitian baru yang telah membuktikan apabila antidepresan khusus bisa menimbulkan kenaikan berat badan. Pada akhirnya, antidepresan cuma bakalan menciptakan lingkaran setan untuk pasien depresi. Amatlah sulit dalam mengetahui apa yang menjadi penyebab adanya kenaikan berat badan sebab kerap kali hal ini dapat menjadi gejala depresi tersebut, kata Dr. Rafael Gafoor.

Atau bisa jadi, usai memulai minum antidepresan mereka mulai terjadi penambahan berat badan, imbuhnya. Namun, apa pun alasannya, ujar Dr. Rafael, itulah yang lantas menjadikan mereka lebih depresi serta cuma melanggengkan siklus tersebut. Penelitian ini dijalankan oleh peneliti dari Inggris. Penelitian dijalani dengan meneliti perubahan berat badan serta indeks massa tubuh 300.000 orang dewasa dalam waktu 10 tahun.

Baca Juga ...   Adakah Pengaruh Tingkat Kebahagiaan Pasutri dengan Berat Badan?

2

Penelitian mendapati pasien yang memnggunakan 12 antidepresan yang sangat sering diresepkan, tinggi kemungkinannya akan mengalami obesitas. Berat awal responden tak akan berpengaruh dengan kemungkinan kenaikan berat badan tersebut. Ini artinya, berapa pun berat badan kita entah itu kita kekurangan berat badan maupun sebaliknya, dampak antidepresan itu tetap bakalan bekerja.

Ada dua macam antidepresan yang mungkin dapat menimbulkan terjadinya obesitas, ungkap Dr. James Kocsis. Anti depresan akan menyebabkan adanya kenaikan berat badan, berdasarkan pendapat dari Dr. James Kocsis, salah satunya yakni SSRI, contohnya Prozac, Zoloft, serta Lexapro. Tak hanya itu, remeron (Mirtazapine) juga kerap menimbulkan kenaikan berat badan sebab dampak anti-histaminiknya, yang menjadikan pengguna merasa lemas. Walaupun penelitian ini membutuhkan lebih banyak riset yang mendalam, menurut pendapat Kocsis perawatan yang lebih holistik bakalan memberikan hasil yang menguntungkan. Pengobatan holistik ini bisa berupa kombinasi terapi, pola hidup sehat, pengobatan, dan pemantauan berat badan yang berkelanjutan. Hal yang paling utama yakni untuk waspada dengan kenaikan berat badan, memantau berat badan, serta mempunyai program dalam mencegahnya, kata Kocsis.

Baca Juga ...   Tips Menurunkan Berat Badan Usai Libur Lebaran

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.