News

Bahaya Memencet Komendo Akan Membuat Peradangan Pada Kulit Wajah

Apabila anda adalah satu orang yang gemas untuk menghilangkan komedo, memencetnya akan memberikan kepuasan tersendiri bagi anda. Apalagi, kadang kala komedo tidak dapat dihilangkan dengan produk skincare yang dijual di pasaran. Komedo dialami sebab adanya penumpukan sel kulit mati, minyak, keringat, serta adanya kotoran, yang menghambat pori-pori. Terdapat komedo yang terlihat bagaikan titik-titik yang berwarna kehitaman (blackhead) maupun mirip jerawat kecil (whitehead). Misalnya halnya jerawat, banyak juga orang yang memiliki kebiasaan dalam memencet komedo dalam mengeluarkan isinya. Akan tetapi, memencet komedo sendiri sebetulnya tidaklah dianjurkan.

Ekstraksi maupun memencet komedo semestinya tak anda lakukan dengan tangan, namun memakai alat-alat khusus yang berada di klinik, ungkap Dr.Michele Farber. Berdasarkan pendapatnya, tujuan dari ekstraksi merupakan mengeluarkan isi komedo dalam membersihkan kulit maupun mempercepat dalam proses penyembuhan jerawat. Ekstraksi juga dapat dijalani untuk dapat menghilankan milia, tumpukan protein yang berada di bawah kulit yang terbentuk dari jerawat-jerawat kecil, ungkap Dr.Melda Isaac.

Baca Juga ...   Tips Ampuh Dalam Mencegah Berat Badan Meningkat Ketika Menjalankan Ibadah Puasa

1

Berdasarkan pendapat dari Farber, apabila ekstraksi tak dijalani secara sesuai, efeknya semakin buruk untuk kulit. Dijelaskan oleh Isaac, dampak yang terburuk yakni adanya bekas luka (skar) maupun kita malah mendorong masuk bakteri menjadi lebih dalam lagi pada bagian kulit, yang akhirnya menjadi jerawat. Apabila kita mendorong menuju arah yang salah maupun terlalu agresif, kita dapat mendorong isinya menuju kulit sehingga folikel semakin mengalami peradangan. Ini bakalan menyebabkan hadirnya jerawat, ujar Isaac.

Jika kita terlalu kerap memencet titik komedo yang sama, risiko akan membentuk skar semakin besar. Kapan komedo mesti dikeluarkan? Ternyata beda-beda untuk setiap orang. Sebagai pemilik kulit normal, satu bulan sekali sudahlah cukup. Akan tetapi, untuk yang kulit yang berminyak dapat menjalaninya sebanyak dua kali dalam satu bulan.

Baca Juga ...   Haruskah Mencuci Baju Baru Sebelum Memakainya?

Akan tetapi, haruslah berhati-hati dengan kulit serta cermati lebih dahulu kondisinya sebelum membiarkan orang lain untuk memencetnya, ungkap Farber. Beberapa pakar menganjurkan supaya mengeluarkan komedo tak dijalani saat di rumah. Anda tak mesti ke dokter kulit dalam mengeluarkan komedo tersebut. Apabila akan pergi ke salon tak masalah, namun pastikan mereka memang berkompeten serta higienis, tambahnya.

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.