Life

Kuliah di Luar Kota? Siap-Siap Rasakan 3 Hikmah Manis Ini

 

Pengalaman dalam bangku perkuliahan tentu saja akan sangat berbeda dengan di bangku sekolah. Banyak orang memilih mengambil kuliah di luar kota dengan berbagai alasan. Memang terasa sulit bagi mereka yang tak terbiasa jauh dengan orang tua dan belum siap meninggalkan segala kenyamanan yang dirasakan di rumah. Namun demi mimpi, demi cita-cita dan harapann orang tua, mereka harus merantau.

Nah, bagi kalian yang juga akan merantau mungkin perlu mengetahui beberapa hikmah manis yang bakal kamu miliki jika kuliah di luar kota. Jangan takut dan jangan merasa sendiri, karna itu semua akan terbayarkan dengan hikmah-hikmah berikut ini.

Mandiri

Hidup jauh dengan orang tua dan keluarga akan sangat berbeda. Tak aka nada lagi panggilan di pagi hari untuk membangunkanmu, tak ada lagi sebelum atau sepulang kuliah santapan lezat tersedia di atas meja, dan tak ada lagi segala sesuatu tersedia dengan sendirinya tanpa kamu usahakan sendiri. Terdengar repot ya? Sebenarnya tidak! Kamu hanya memerlukan sedikit mengeluarkan kemandirianmu untuk mengurus segala keperluanmu sendiri. Merengek dan terus mengeluh dengan apa yang kamu hadapi kepada orang tua di rumah hanya akan membuat mereka khawatir tentangmu. So, disini kamu benar-benar harus mandiri. Itung-itung latihan nanti ketika sudah menikah agar tidak terlalu tergantung dengan orang tua.

Hemat

Kuliah di luar kota dan memutuskan untuk ngekost juga akan membuatmu tahu bagaimana cara menerapkan jatah bulanan yang dikirim oleh orang tuamu. Sebagai anak kuliah yang tugas dan laporannya tak terduga, kadangkala kamu akan merasa uang bulananmu sangat mepet. Ini yang nanti akan melatihmu untuk benar-benar mengetahui mana kebutuhan dan mana keinginan. Kamu bisa lebih mendahulukan kebutuhanmu ketimbang keinginan lain, misalnya jalan-jalan dengan teman. Kamu sangat sadar jika meminta uang tambahan adalah hal yang berat bagi keluargamu karena masih banyak tanggunggan lain di keluargamu. Jalan satu-satunya adalah kamu harus belajar berhemat.

Memiliki Teman Rasa Keluarga

Sama-sama menimba ilmu di kota atau negara orang yang jauh dari keluarga menjadikan teman begitu berharga. Bahkan, banyak pula yang memiliki teman di perantauan yang rasanya sudah seperti keluarga sendiri. Hal ini tentu saja bisa memperluas pergaulanmu. Kamu tahu kan jika pergaulan dan koneksi yang luas memberimu peluang untuk saling bekerja sama dalam hal pekerjaan juga semakin luas? Penting benget ini untuk karirmu ke depan setelah lulus kuliah. Karena kamu tak akan pernah tau rejeki dari Tuhan akan diberikan lewat tangan siapa.


Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.