News

Sebagai Orangtua Kenalilah Kepribadian Anak Anda Sejak Dini

Menjadi orangtua, sangatlah penting dalam mengenali kepribadian anak demi mengetahui cara terbaik dalam memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Ada anak yang dapat bersosialisasi secara mudah (ekstrovert), ada pula tipe anak yang susah dalam berinteraksi bahkan lebih senang untuk menyendiri (introvert). Belum lagi ditambah dengan situasi saat ini di mana teknologi seolah-olah ikut membantu membentuk anak-anak lebih disibukkan dengan diri sendiri ketimbang bersosialisasi dengan sesamanya.

Orangtua yang memiliki anak dengan kepribadian introvert mesti lebih giat berusaha dalam mendampingi serta mengarahkannya. Jika tidak, tekanan sosialnya bakalan lebih besar saat anak ini kelak tumbuh dewasa. Nah, apabila anak anda nanti memberikan sinyal adanya tanda-tanda yang bakalan kami ulas di bawah ini, kemungkinan besar ia merupakan seorang yang memiliki kepribadian introvert. Cekidot kita simak bersama!

1

  1. Anak memiliki kepribadian introvert biasanya susah untuk mengekspresikan emosi diri dengan verbal. Ia lebih suka menyatakannya melalui sebuah tulisan maupun memendamnya sendiri

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert lebih cenderung memproses emosinya dengan internal, sehingga mereka bakalan merasa kesulitan dalam membicarakannya bersama orang lain, maupun bahkan orangtuanya sendiri. Janganlah anda memaksakan mereka untuk bercerita, berilah tahu kepadanya bahwa anda selalu ada apabila dia sedang membutuhkan seseorang. Kasih waktu untuknya supaya berpikir, memproses, serta datang sendiri pada anda saat telah siap.

  1. Si anak bakalan menghindari adanya kontak mata serta interaksi yang lebih ketika bertemu dengan orang lain

Untuk anak introvert, ketemu dengan orang lain, terutama orang baru merupakan hal yang sangat dihindari. Saat kondisi mewajibkan mereka untuk ketemu dengan orang lain, mereka cenderung bakalan menghindari adanya kontak mata. Untuk kebanyakan orang, sikap tersebut mungkin dinilai tidak sopan. Faktanya, sikap tersebut dilakukannya dalam melindungi diri dari adanya intimidasi serta rasa tidak nyaman.


Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.