News

Apa Perbedaan Antara Haji Dan Umroh, Dan Kenapa Haji Harus Menunggu Waktu Yang Cukup Lama?

Ada banyak sekali tantangan bagi masyarakat Indonesia yang bakalan menunaikan Ibadah haji, mulai dengan biaya yang dibutuhkan sangatlah besar, hingga antrean berangkat haji yang sangat cukup panjang. Daftar saat ini, bisa sampai 20 tahun lagi baru akan berangkat haji. Pada sisi lain, banyak juga tawaran untuk menjalankan ibadah haji ke tanah suci dengan program umrah. Biasanya sebagian besar orang memilih umrah terlebih dulu, lantas hajinya belakangan.

Jadi rukun Islam yang ke-5, ingin seberapa mahal biayanya serta seberapa lama antreannya, haji bakalan selalu menjadi keinginan yang suatu saat mesti dijalankan. Apabila perlu menabung mulai muda, supaya bisa naik haji sebelum usia 40-an. Ngomong-ngomong, sudah tahukah anda dengan perbedaan Umrah dengan Haji? Mengapa ya, umrah lebih mudah berangkatnya sementara Haji mesti antri dengan waktu yang sangat lama? Kami bakalan membantu menjawab rasa penasaranmu. Mari kita simak bersama-sama ya.

1

  1. serangkaian ibadah ketika haji lebih banyak ketimbang saat menjalankan umrah. Maka dari itu waktu yang diperlukan juga tidaklah sama

Salah satu yang menjadi perbedaan haji serta umroh yakni serangkaian dalam menjalankan ibadahnya. Umrah ibadahnya cuma dilakukan disekitar kota Mekkah serta Madinah saja, serta sisanya yakni hanya mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah Islam. Sementara untuk menjalankan ibadah Haji, tak hanya di kota Mekkah serta Madinah, serangkaian ibadah haji juga ada pada lokasi di Arafah, Muzdalifah, serta Mina. Serangkaian ibadahnya diantara lain yakni wuquf, thowaf, saí, mabit di muzdalifah serta mina, dan juga melemparkan jumrah. Dengan demikian serangkaian ibadah haji wajar saja jika berlangsung lebih lama kira-kira 40 hari, sedangkan ibadah umrah hanya dilakukan sekitar 9 hingga 14 hari. Dari sini sudah keliatan perbedaannya bukan?

  1. Lamanya waktu dalam menjalankan ibadah juga jadi salah satu perbedaan biaya antara haji serta umrah

Biaya ibadah umrah serta berhaji tergantung paket yang anda pilih. Untuk umrah, pilihan waktu keberangkatan juga akan berpengaruh dengan biaya, contohn saja mau menjalankan umrah ketika musim Ramadan maupun liburan, maka tarifnya bakalan lebih mahal daripada musim yang lainnya. Biaya untuk Umrah berkisar Rp20 jutaan, tergantung paket yang kita pakai. Sementara itu untuk biaya perjalanan  Haji, pemerintah telah mematok di tahun 2018 biaya haji bekisar antara Rp30 hingga 40 juta rupiah, dengan uang muka Rp25 juta untuk setiap orangnnya.


Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.