News

Jagalah Selalu Komunikasi Yang Baik Dengan Kedua Orangtua

Keluarga adalah salah satu harta yang sangat berharga yang ada di dunia ini. Namun demikian, seiring tambahnya usia, kita semakin mengalami kesibukan dengan diri sendiri dan juga sedikit melupakan orangtua. Kita semakin jarang berkomunikasi bersama mereka. Padahal, jasa orangtua amatlah besar untuk kehidupan kita. Dan juga kita tak mungkin bisa untuk membayarnya.

Kurangnya perhatian untuk orangtua ini, menurut salah satu penelitian dari University of California-San Francisco, terbukti efeknya sangatlah besar bagi kesehatan mereka. Penelitian dilakukan hingga 6 tahun dengan meneliti 1600 orang dewasa yang rata-rata berusia 71 tahun. Peneliti meneliti rasa kesepian, adanya penurunan fungsi tubuh, serta tingkat kematian yang dialami oleh subjek penelitian. Alhasil periset mendapati bahwa 23 persen responden riset meninggal dengan kondisi kesepian pada kurun waktu 6 tahun. Tak hanya itu, hanya 14 persen responden riset yang meninggal dengan tingkat kasih sayang maupun persaudaraan yang tinggi.

2

Riset juga mendapati bahwa 43 persen anggota penelitian dengan usia di atas 60 tahun merasa lebih sangat kesepian lagi. Dari hasil riset ini, periset memberikan kesimpulan bahwa kesepian memainkan penan yang besar dalam penderitaan manusia, terutama bagi orangtua. Kesepian ini juga mempunyai peranan dalam gangguan medis contohnya aja depresi, penurunan kognitif serta bahkan hadirnya penyakit kardiovaskuler. Kesepian ternyata memiliki efek pada kesehatan mental, pola hidup serta situasi fisik seseorang.

Kesepian dapat membuat seseorang menjadi stres. Apabila situasi tersebut semakin parah, maka akan menimbulkan depresi, fobia sosial serta kecenderungan untuk melakukan hal – hal yang negatif misalnya saja bunuh diri. Penurunan kognitif dengan orang kesepian dapat terjadi karena interaksi sosial memiliki efek terhadap cara kerja otak serta kekuatan memori. Inilah mengapa orang yang dengan kondisi kesepian lebih memiliki resiko mengalami penurunan fungsi dalam sistem saraf pusat. Penelitian juga menyatakan bahwa kesepian akan menaikkan risiko demensia sampai dengan 64 persen bagi orang yang berumur lanjut.


Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.