News

Adanya Uban Ketika Usia Muda Sebagai Pertanda Memiliki Gangguan Kesehatan

Rambut yang beruban sering kali dikaitkan dengan salah satu pertanda bahwa anda sudah mulai mengalami penuaan, sehingga banyak orang merasa gelisah apabila warna rambutnya telah mengalami perubahan jadi abu-abu. Tidak hanya itu, hadirnya uban juga menyebabkan banyak pertanyaan mengenai kesehatan, misalnya saja : apakah ketika rambut beruban, bagian tubuh yang lain juga akan ikut menua? Apabila iya, apakah efeknya untuk kesehatan?

Memang, rambut yang telah muncul ubannya merupakan salah satu dari tanda penuaan. Semua ini karena hilangnya melanosit pada rambut, sel yang memproduksi pigmen pada kulit, berdasarkan pendapat dari Melissa Piliang. Seiring tambahnya usia, rambut perlahan-lahan berhenti dalam menghasilkan pigmen melanin. Pada mulanya, rambut bakalan berwarna abu-abu, lantas pelan-pelan akan memutih. Proses tersebut tak bakalan memengaruhi keratinosit, yang memiliki fungsi dalam memproduksi serat rambut, sehingga tidak bakalan ada perubahan dalam struktur rambut.

1

Harus dicatat, tak semua orang beruban di usia yang sama. Sampai saat ini, 90 persen faktor rambut beruban sebab faktor genetik, akan tetapi kami masih mempunyai pengetahuan terbatas mengenai gen yang menimbulkan hal ini, ungkap Steve Daveluy. Ia mengatakan bahwa umur rata-rata rambut mulai beruban ketika orang Kaukasian kira-kira pertengahan 30-an, orang Asia pada penghujung 30-an serta usia 40-an bagi orang Afro-Karibia.  Akan tetapi ada standar sendiri bagi rambut yang beruban.

Kira-kira 50 persen orang, setengah rambutnya bakalan beruban ketika usia 50, ujar Piliang. Nah, namun bagaimana jika kita beruban jauh sebelum umur rata-rata ini? Apakah hal tersebut artinya tubuh menua yang terlalu cepat? Apakah ada efek kesehatan yang lain? Pertanyaan-pertanyaan tersebut wajar sekali dilontarkan serta dicoba digali dengan peneliti.  Alhasil? Ada bukti jika rambut beruban dapat memberikan sebuah isyarat banyak masalah kesehatan, terutama bagi jantung. Salah satu penelitian yang dipresentasikan dalam Konferensi Tahunan Perhimpunan Ilmu Kardiologi pada-69 di India mendapati bahwa lelaki dengan usia di bawah 40 tahun yang telah muncul rambut ubannya, lima kali lebih memiliki resiko penyakit arteri koroner ketimbang lelaki yang belum beruban.


Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.