News

Jika Anda Adalah Salah Satu Penggemar Pengendara Sepeda, Inilah Tips Aman Dalam Mengendarainya!

Mengenai masalah tertabraknya para pengguna sepeda dengan mobil yang ada di Jakarta pada hari Sabtu pagi kemarin sampai dengan menewaskan satu orang, mengingatkan lagi bahwa bahaya yang masih ada di depan mata pesepeda di kota besar sebab mesti membagi jalan dengan pengendara motor.

Untuk menyiasati adanya kecelakaan lalu lintas, Hendi Rachmat menganjurkan bahwa jasa pengantaran paket dengan menggunakan sepeda, menawarkan beberapa tips aman dalam mengayuh sepeda saat berada di jalan raya.

  1. Fasilitas Yang mendukung dalam keselamatan pengendara

Entah anda memakai sepeda untuk santai, olahraga, maupun akan pergi ngantor, pastikan untuk memakai perlengkapan pendukung demi keselamatan anda ketika di jalan raya. Di antara aksesoris pesepeda yang sangat penting yakni helm. Hendi mengungkapkan tidak sedikit pengguna sepeda yang bandel serta malas untuk mengenakan helm yang ujung-ujungnya sangat fatal ketika terjadi keselakaan. Fungsi helm sendiri adalah sebagai pelindung kepala, organ yang sangat penting. Saat megalami kecelakaan maupun hal yang tidak anda inginkan.

2

  1. Menggunakan lajur yang aman

Sampai saat ini memang belum disiapkan lajur khusus yang khusus digunakan untuk para pengguna sepeda. Namun, sementara ini jalur yang sangat aman yakni berada pada sisi kiri, ujar Hendi. Pastikan untuk tidak terlalu menjorok pada bagian luar maupun tengah jalan.

Jika anda pengguna sepeda yang lebih dari dua orang, gunakanlah satu lajur. Janganlah berjalan dengan membentuk dua lajur, terutama di jalanan dengan arus kendaraan yang sangat padat, jalan kecil serta protokol. Jika jalan lebar sekali serta sepi, sesekali bolehlah untuk menyelip pesepda lain maupun dengan memakai dua lajur, tambah Hendi.

  1. Fokus

Dalam mengendarai sepeda di jalan-jalan protokol memang rasanya amatlah nyaman, karena situasi jalannya rapih dan juga tidak ada lubang ataupun jalan yang bergelombang. Meskipun begitu, di jalan apa pun kita harus selalu menjaga fokus agar terhindar dari pengendara lainnya yang ugal-ugalan saat mengendarai kendaraannya.


Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.