Life

Tidur Siang Bermanfaat Bila Sesuai Aturan!

Jakarta – Orang jaman dulu mempunya keyanikanan bahwa tidursiang merupakan kemalasan. Namun sekarang ini, menurut para ahli justru tidur siang sangat diianjurkan demi meningkatkan produktivitas.

Pasalnya, tidur siang diyakinii dapat meningkatkan memori, kreativitas, kewaspadaan, dan mood.  Kemudian dengan anda tidur siang maka dapat meiningkatkan kekebalan tubuh serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Walaupun demikian, agar tidur siang kita bermutu maka harus diperhatikan juga durasi dari waktu tidu siang. Karena durasi tidur siang yang lama dapat menganggu waktu tidur malam, yang mana hal tersebut akan menghilangkan manfaat dari tidur siang.

Pada suatu riset menyatakan, tidur siang akan bermanfaat bila mana berdurasi 15-30 menit. Kemudian jika anda sedang merasa lesu dan kurang berkonsentrasI maka tambahlah waktu tidur siang anda menjadi 90 menit.

Baca Juga ...   Cara Mudah Dan Cepat Menurunkan Berat Badan

“durasi tidur 90 menit sudah memenuhi satu siklus tidur” ujar Sara Mednick Ph.D, peneliti dari Universitas California.

“waktu 90 menit tersebut mencakup mulai dari tidur dangkal sampai tidur dalam” tambahnya.

“ketika bangun kita akan merasa sangat segar” tambahnya lagi

Kemudian terdapat juga orang setelah tidur siang merasa lemas dan pusing atau dalam dunia kedokteran menyebutnya sleep inertia. Hal tersebut mungkin dikarenakan juga oleh faktor durasi tidur anda yang terlalu lama atau terlalu pendek. Untuk itu agar tidak terjadi yang demikian diajurkan untuk memasang alarm.

Selain, durasi waktu yang harus diperhatikan lagi dari tidur siang yakni timing yang tepat. Menurut para ahli yakni timing yang tepat pukul 15.00. hal tersebut karena pada pukul 15.00 irama sirkandian sedang mengalami penurunan.

Baca Juga ...   Kenapa Banyak Orang Yang Lebih Suka Menunda-Nunda Pekerjaannya, Berikut Beberapa Alasannya!

Kemudian, bila mana anda kurang tidur dimalam sebelumnya kemudian esok siangnya anda menyempatkan untuk tidur siang sepuas-puasnnya. Ternyata hal yang demikian adalah cara yang salah

Menrut Rakjmar Daguptas, Asisten professor dari Sekolah Kedokteran Universitas Southem California, AS. Menjelaskan “saat kurang tidur konsentrasi turun, mood akan berantakan, kesehatan dan sistem imun dapat menjadi rendah” pugkasnya.

“hal yang demikian tak ada hal baik dari kekurangan tidur” imbuhnya.

Pada penelitian lain menyebutkan, tidur siang juga menjadikan kita lebih kreatif, awas, dan kemapuan memori menjadi lebih baik serta juga kemampuan belajar meningkat.

 

 

 

 

 

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Khasiat Buah Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.