Life

Mau Mulai Buka Usaha Tapi Modal Sedikit. Ini Solusinya!

Memiliki usaha sendiri dan menjadi entrepreneur adalah idaman setiap orang. Dengan memiliki usaha sendiri seorang bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus berada di bawah bayang-bayang orang lain. Selain itu seorang wirausaha juga bisa bekerja tanpa tekanan, karena manajemen usaha semua dalam kendalinya sendiri.

Namun demikian, ada kendala bagi orang yang baru akan memulai sebuah usaha, yaitu modal. Dengan modal yang sedikit seringkali seorang bingung mau memulai usaha. Tapi sebenarnya hal itu bisa diatasi dengan cara-cara berikut.

1. Mulailah dengan usaha yang terjangkau.

Usaha yang terjangkau disini adalah usaha yang paling dekat dan paling mudah untuk bisa segera dijalankan, meskipun skalanya kecil. Jangan terlalu mempermasalahkan kecilnya sebuah usaha, karena bagi pemula yang paling penting adalah terbentuknya mental wirausaha.

2. Jangan menunda untuk memulai.

Membuka usaha dengan modal kecil seringkali membuat pelakunya menjadi banyak pertimbangan. Padahal banyaknya pertimbangan ini akan membuat calon wirausahawan menjadi semakin bimbang. Segera mulailah menjalankan sebuah usaha, apapun usahanya. Karena kekurangan dalam menjalankan akan diketahui setelah usaha mulai dijalankan. Dari situlah kita bisa evaluasi sambil terus mengembangkan.

3. Kurangi memikirkan resiko.

Membuka usaha dengan pertimbangan matang itu mutlak dibutuhkan. Tetapi itu juga perlu dikesampingkan oleh wirausahawan baru. Karena jika terlalu memikirkan resiko, yang terjadi justru akan membuat semakin takut memulai usaha. Padahal rumus wirausaha itu sebenarnya ketika kita memulai menjalankan usaha, kemungkinan untung akan lebih besar daripada rugi.

4. Hindari meminjam modal.

Baiklah, solusi keempat ini sebenarnya dilematis. Karena bagaimana bisa memulai usaha tanpa meminjam uang kalau modalnya sedikit? Jadi gini, saat kita meminjam uang (di bank misalnya) maka beban berpikir kita akan menjadi ganda. Pertama berpikir menjalankan usaha, kedua berpikir membayar cicilan. Boleh meminjam uang, tapi pastikan kalau itu dilakukan setelah usaha mulai dijalankan. Karena saat usaha sudah mulai dijalankan, pertimbangan potensi kemampuan peminjaman dan pengembalian akan matang.

5. Hindari kata “Menyerah”.

Hal yang mungkin terjadi saat membuka usaha dengan modal yang kecil adalah menyerah. Ini terjadi karena usaha dengan modal kecil, hasilnya juga tidak begitu signifikan. Disini biasanya pelaku pemula akan berpikir untuk menghentikan usaha yang tidak begitu banyak menguntungkan ini. Padahal menjadi pengusaha itu butuh konsistensi dan juga komitmen. Karena dengan dua hal itu kemampuan manajemen akan terasah dengan baik, dan pengalaman bertambah.


Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.