News

Khasiat Mengkonsumsi Kedelai Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi kedelai sudah lama menjadi perdebatan umum pada dunia medis terutama dalam bidang gizi. Beberapa orang yang mempercayai bawhwa kedelai merupakan salah satu makanan sehat yang dapat termasuk dalam menu diet yang berbasis makanan hijau. Dalam sisi lain, banyak orang yang meyakini bahwa makanan ini mengandung racun yang tak baik untuk kesehatan.

Padahal dimulai dari susu kedelai, miso, tempe, sampai dengan tahu, makanan dengan bahan dasar kedelai sudah sejak lama menjadi makanan andalan dalam menu diet untuk orang Asia. Sekarang ini, makanan ini bahkan telah menjadi bahan pokok bagi seluruh masyarakat di dunia. Kedelai adalah sayuran yang sangat banyak dilestarikan di dunia. Bahan makanan tersebut juga sudah lama dinilai sebagai bagian yang terpenting dalam diet vegetarian.

Baca Juga ...   Tips Sederhana Agar Tetap Nyaman Tidur Ketika Cuaca Panas

Untuk mereka para vegetarian khususnya, sayuran dengan jenis kacang-kacangan ini sudah dimanfaatkan menjadi alternatif daging serta susu. Akan tetapi semua ini menyebabkan kontroversi. Sayangnya, misalnya kebanyakan makanan, tak ada jawaban tentu apakah kedelai adalah makanan yang betul-betul sehat, maupun sebaliknya. Salah satu ahli gizi yang namanya Rhiannon Lambert dari Harley Street membantu kita dalam menyelesaikan banyak mitos besar mengenai kedelai.

Ia mengungkapkan bahwa hal penting yang harus kita pahami yaitu sumber protein baik yang ada dalam kedelai. Kacang kedelai mempunyai kandungan protein yang lengkap. Tak seperti kebanyakan protein nabati, ia memiliki kandungan asam amino esensial yang mesti kita dapatkan dari makanan sebab tak bisa dihasilkan oleh tubuh, imbuhnya.

Baca Juga ...   Manfaat Buah Blewah Yang Tak Hanya Sebagai Pelepas Dahaga

Menurut pendapatnya secangkir kacang kedelai yang diproses mengandung kira-kira 22 gram protein, hampir sama dengan satu porsi steak. Ia juga mengulas mengenai mitos lelaki yang tak boleh mengkonsumsi kedelai karena akan menyebabkan tumbuhnya payudara untuk kaum lelaki. Kedelai tak mempunyai kandungan estrogen serta tak ada bukti yang menilai bahwa kedelai dapat mengganggu perkembangan seksual maupun mengurangi tingkatan testosteron lelaki.

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.