News

Hanif Dakhiri, Menteri Mantan Santri

Pemrintahan Presiden Joko Widodo memang dikenal sangat akrab dengan jajaran ulama dan Kyai. Dalam beberapa kunjungan kerja ke daerah, Presiden Joko Widodo hamper selalu menyelipkan agenda bersilaturahmi ke pondok pesantren. Hal tersebut diakui sebagai upaya mempererat silaturahmi pemerintah dengan para Ulama dan santri.

Presiden Jokowi kenal cukup dekat dengan kalangan ulama dan pengasuh pondok pesantren, di antaranya Ketua Umum MUI KH Maaruf Amin, yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi Banten, Ketua Dewan Syuro PPP KH Maimoen Zubair, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, dan Ketua MUI Jawa Tengah Habib Lutfhi bin Yahya. Dalam beberapa kesempatan, Presiden Jokowi terlihat sangat akrab dengan para Ulama tersebut.

Baca Juga ...   Cara Menyikapi Kesialan Agar Tidak Terpuruk

Tidak hanya itu, sejumlah menteri atau pejabat setingkatnya di kabinet kerja yang dipimpin Presiden Jokowi pun merupakan alumnus Pondok Pesantren. Salah satu Menteri Kabinet Kerja yang merupakan Santri dan cukup berprestasi adalah Hanif Dakhiri sebagai Menteri Tenaga Kerja.

Sebelum menjadi Menteri,Tenaga Kerja Hanif Dakhiri lebih dikenal sebagai politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pria kelahiran Semarang, 6 Juni 1972 itu merupakan santri di pondok pesantren SMA Al-Muayyad, yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Al Muayyad Solo. Selepas menamatkan pendidikan menengah, Hanif kemudian melanjutkan studi di IAIN Salatiga Jawa Tengah. Selama Menjadi Mahasiswa, Hanif diketahui tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat IAIN Salatiga hingga 1992.

Baca Juga ...   Tak Disangka, Pemenang America’s Got Talent Disabet Gadis 12 Tahun

han

Karir politiknya di mulai ketika ia memutuskan bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa sejak 1998, sehingga ia dianggap generasi awal partai ini. Sejak saat itu, Hanif tetap konsisten membesarkan partai hingga ia dipercaya menjadi Wakil Sekjen DPP PKB untuk kurun waktu 2005 hingga 2010, menjadi Wakil Ketua Umum Dewan Koordinasi Nasional Gerakan Pemuda PKB sejak 2006 hingga 2010, lalu menjadi Ketua DPP PKB.

Pada kurun waktu 2010 hingga 2014, ia menjadi Ketua Umum DKN Garda Bangsa dan terpilih menjadi Sekjen DPP PKB pada tahun 2014. Pada tahun 2006 hingga 2007, ia menjadi Staf Khusus Menakertrans.

Selama menjalankan amanat sebagai anggota DPR periode 2009-2014 dari Dapil Jawa Tengah X, ia bergabung dalam komisi IX, menjadi Sekretaris Fraksi PKB, dan tergabung dalam Badan Anggaran. Puncak karir Hanif hingga saat ini adalah ketika ia di tunjuk menjadi Menteri Ketenagakerjaan dalam Kabinet Kerja pada tahun 2014 silam.

Baca Juga ...   Ini dia Hanna, Hijaber yang Bikin Shawn Mendes Jatuh Cinta

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.