Life

Resiko Yang Akan Terjadi Dengan Perkawinan Sedarah

Mempunyai hubungan sedarah maupun inses hingga sampai ke pelaminan bukan hanya menjadi hal yang tabu lagi namun juga termasuk dalam hal yang ilegal. Di Indonesia sendiri, perkawinan yang dilakukan oleh dua orang yang berhubungan darah dinyatakan terlarang serta diatur dalam UU perkawinan. Pernikahan sedarah yang banyak terjadi pada jaman kerajaan yang terdahulu, saat anggota kerajaan ingi menjaga kemurnian keturunannya. Banyak juga yang dilakukan dengan tidak sengaja, mereka baru menyadari kalau bersaudara setelah merunut garis keturunannya.

Banyak yang hanya dianggap menyalahi norma serta mendapatkan snksi sosial, pasangan yang berhubungan sedarah memiliki resiko akan mengalami gangguan kesehatan, terutama untuk para keturunannya nanti. Bahkan banyak hewan ataupun tanaman khusus juga menghindari perkawinan sedarah maupun dengan individu lain yang memiliki kemiripan secara genetik, demi mempertahankan lebih banyak keanekaragaman keturunan.

Baca Juga ...   Endometriosis dan Fibroid, penyakit yang menyerang Zaskia Sungkar, Cewek wajib Baca !!

2

Jadi, bukan hanya terjegal oleh norma masyarakat, ini ada beberapa alasan beresiko untuk keturunan yang dihasilkan dari pernikahan sedarah. Keturunan sedarah ini akan mengakibatkan penyakit bawaan yang asalnya dari gen yang rusak dari kedua orangtuanya. Masing-masing orang mempunyai lima maupun sepuluh gen yang rusak yang bersembunyi di DNA mereka masing-masing. Keturunan dari yang bukan sedarah, dimana kkeduanya mempunyai dua pasang gen yang berbeda, contohnya saja versi normal serta versi rusak maupun cacat, resikonya lebih kecil untuk terkena ppenyakit bawaan orangtuanya. Sebab saat anak ini membawa gen rusak yang membawa penyakit khusus misalnya, maka ia masih memiliki salinan gen yang normal sebagai cadangan yang bakalan menutupi kekurangan dari gen yang rusak tersebut.

Baca Juga ...   Cara Mudah Dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Berbeda dengan keturunan hasil perkawinan sedarah bahwa salah satu bahaya yang akan timbul dari perkawinan sedarah yakni sulit untuk mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan gen buruk orangtuanya. Sebab masih dalam satu keturunan, maka gen yang dibawa pun hampir sama serta tidak saling melengkapi.

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.