Life

Tips Ampuh Mengatasi Anak Yang Phobia Mengkonsumsi Sayuran

Anak- anak seharusnya mendapatkan asupan makanan yang ada memiliki kandungan gizi lengkap dan juga seimbang. Akan tetapi hal tersebut sering kan, makan hanya mau dengan nasi serta lauk kerupuk saja, sayur juga suka tidak mau untuk makan. Begitulah kata salah satu ahli Gizi Klinik yakni bernama dr Cindiawaty J. Pudjiadi MARS, MS, SpGK.

Menurut ahli gizi, banyak anak yang kurang menyukai sayur dan juga buah. Padahal, usia mereka antara 6 sampai 12 tahun adalah masa krusial bagi pertumbuhan sang anak. Nah, untuk mengatasi sulit makan mengenai anak yang tak mau makan sayuran serta buah, ada beberapa cara ” yang dapat anda lakukan sebagai orangtua. Misalnya saja, dengan mengkombinasikan sayur maupun buah itu dengan makanan yang disenangi oleh si anak. Saya biasanya menyembunyikan sayur ada dalam nugget maupun makanan yang si kecil senangi. Saya membuat nuggetnya yang berasal dari ayam, dan diberikan umpetan sayur, ujar Cindy.

Baca Juga ...   Khitan yang Cocok bagi Anak Autis dan ADHD

Ia mengatakan jika penting dalam memperkenalkan sayur pada si kecil mulai sejak dini, serta menjadikannya senang dengan sayuran tersebut. Sehingga, tidak jadi problema apabila kebiasaan tersebut diawali dengan makan memakai jumlah yang sedikit lebih dahulu. Mulai dengan sedikit agar mereka mengetahui. Usai itu berlanjut dengan sayurnya dengan menambah jumlahnya, kemudian dengan sayuran yang di bentuk. Kemudian dengan demikian mereka menjadi suka makan sayur, tambahnya.

Tidak hanya itu, bisa juga mengikutsertakan sang anak saat berbelanja sayuran ketika ada supermarket ataupun pasar. Tawarkanlah mereka apabila ada menu yang mau mereka inginkan di rumah. Biasanya, anak-anak suka sekali untuk mencoba hal yang baru. Apalagi, kalau menu itu mempunyai tampilan yang sangat menarik perhatian mereka. Tak hanya memperkenalkan sayur, mulai anak masih ada pada usia dini, beberapa orangtua juga mesti membiasakan untuk tidak menggoreng makanan. Sebab, jenis makanan yang digoreng lebih bersifat kurang sehat. Saat mereka terbiasa dengan makan makanan yang sehat, maka kebiasaan itu bakalan terus terbawa sampai dengan mereka tumbuh dewasa nantinya.

Baca Juga ...   Gimana Dong Kalau Cowok Yang Kamu Suka Ditaksir Sahabat Dekatmu?

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.