Life

Terlalu Memilih-Milih Makanan Akan Berakibat Kekurangan Gizi

Kurang gizi terjadi bukan hanya pada anak-anak saja, akan tetapi bagi orang dewasa pula, dengan tidak peduli jenis kelaminnya, bahkan status sosial mereka.  Situasi kekurangan gizi dapat terjadi sebab kebiasaan kecil, misalnya saja terlalu memilih-milih makanan. Contohnya saja, sebagian orang mungkin tidak suka makan sayur maupun tak mau makan makanan laut. Padahal, kebiasaan memilih-milih makanan ternyata berhubungan dengan stunting maupun kekurangan gizi.

Picky eater amatlah erat hubungannya dengan stunting. Karena macronutrient dan juga micronutrient mesti terpenuhi supaya nutrisi tercukupi. Namun picky eater kan pilihan, ungkap Praktisi Kesehatan Masyarakat yang bernama dr. Nurlely Bethesda Sinaga, MPH. Mengkonsumsi Ikan Bandeng mengandung banyak nutrisi macronutrient yakni zat utama misalnya karbohidrat, protein, lemak, serta lain sebagainya.

Baca Juga ...   Sebagai Orangtua Kita Harus Siaga Ketika Anak Mengalami Diare

Sementara, micronutrient merupakan zat pendukung misalnya saja vitamin serta mineral. Dengan jadi picky eater, maka seseorang bakalan kekurangan nutrisi dengan salah satu maupun lebih sumber makanan. Situasi seperti ini, pada akhirnya dapat berakhir dengan situasi kekurangan gizi. Efeknya memang tidak bakalan tampak dengan cepat serta instan, akan tetapi akan terlihat dengan dalam jangka waktu yang panjang.

Picky eater kan efeknya tidak tampak pada kasat mata. Tidak mau makan ikan, contohnya, tak segera terlihat efeknya, ungkap Nurlely. Apabila dalam masalah ini dialami pada anak-anak, maka dapat anda atasi dengan pola asuh. Menurut pendapatnya, anak cenderung meniru orangtua dalam bersikap termasuk juga dalam meniru pola makannya. Sehingga, orangtua patut untuk mencontohkan makan makanan dengan pola makanan bersehat serta mengandung nutrisi lengkap supaya anak menirunya.

Baca Juga ...   Jenis - Jenis Makanan Yang Mengakibatkan Timbulnya Jerawat

Contohnya saja, mengenalkan sayur yang sangat sulit sekali kita terapkan pada anak-anak. Kita mesti melihat mereka makan, kita juga mencotohkan supaya ia mau makan. Perlahan-lahan haruslah dicoba. Picky eater role model-nya yakni dapat diterapkan pada diri kita yakni sebagai orangtua, katanya.

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.