News

Sumpah Pemuda Dimata Pemuda Muhammadiyah

Peringatan Sumpah Pemuda Memang telah berlalu, namun momentum persatuan pemuda harus tetap dikenang dan menjadi spirit untuk mempererat persatuan bangsa. Bagi Pemuda Muhammadiyah, peringatan Sumpah Pemuda merupakan titik awal kesadaran kolektif untuk bersatu sebagai bangsa dan negara.Pemda Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi kepemudaan islam, melalui ketua umum Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan bahwa secara filosofis yang dilakukan para pemuda saat itu bukan upaya membentuk keseragaman dalam satu bangsa dan negara. Dahnil juga mengatakan bahwa dengan memperkuat identitas keberagaman dengan mengakui keberagaman, akan mampu menyatukan bangsa, Jadi, para Pemuda tahun 1928 sejatinya mewariskan semangat dialogis yang kuat.

Para pemuda harus mengutamakan budaya dialog dalam keberagaman. Dengan berdialog, nalar sehat akan menjadi instrument dan tentu akan berbuah suatu buah pemikiran yang cenderung objektif. Dengan demikian keberagaman akan dapat dipahami sebagai pemersatu dan kekuatan bukan kelemahan, ditambah para pemuda saat itu memiliki musuh bersama bernama kolonialisme. Hal terpenting yang perlu dilakukan pemuda saat ini adalah menggali dan merefleksikan kembali butir-butir kearifan yang terinternalisasi dalam teks sumpah pemuda. Hal tersebut sangat penting mengingat sumpah pemuda menjadi salah satu pemicu munculnya kesadaran kolektif ditengah situasi yang mencekam dan mengancam bangsa.dahnil

Baca Juga ...   Alasan Tentang Pemakaian Heels Tak Lagi Kewajiban Namun Sebagai Pilihan

Jika dianalogikan dengan kondisi kekinian, tantangan generasi milenial adalah sosial media yang justru penuh dengan destruksi yang sama sekali jauh dari faedah untuk mencapai persatuan, melainkan  jadi panggung untuk saling membully dan memperolok sesame anak bangsa hanya karena ada sedikit perbedaan, baik dalam pandangan politik, status sosial, maupun SARA. Padahal, sejatinya media sosial dapat dimanfaatkan menjadi pembangun tradisi dialogis yang modern.

.Dewasa ini, sebenarnya ada sangat banyak hal-hal yang sangat mengancam bangsa, khususnya pemuda, salah satu cara untuk menghadapi tantangan itu semua adalah dengan memaknai Indonesia. Memaknai Indonesia yang satu perlu dilakukan untuk mengingatkan bahwa pemuda memiliki musuh yang akan merusak hak masa depan pemuda yakni, kejahatan korupsi dan Narkoba.

Baca Juga ...   Segudang Manfaat Mengkonsumsi Coklat Hitam

Bila, dulu kolonialisme merampas masa depan pemuda atas negara yang merdeka, kini hak masa depan Indonesia yang bermartabat, cerdas dan sejahtera dirampas dan diancam prilaku korup para politisi rakus.

“Pun dirampas korporasi rakus dan orang-orang yang dengan tega merampas hak-hak masa depan pembangunan dan pelayanan publik untuk kepentingan pribadi dan golongannya,” ujar Dahnil Simanjuntak.

“Pun demikian dengan narkoba,” tambahnya.

Oleh karena itu, dengan menjadikan momentum sumpah pemuda sebagai acuan refleksi peran pemuda, Pemuda Indonesia harus bisa menunjukkan sikap perlawanan terhadap korupsi yang dimulai dari pilihan gaya hidup antikorupsi dan antinarkoba di kalangan pemuda bisa menjadi jalan membangun kesadaran kolektif menyatukan Indonesia melalui tradisi dialog.

Baca Juga ...   Tips Ampuh Untuk Membuat Hati Wanita Klepek-Klepek Dengan Pengorbananmu

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.