Film, TV & Musik

Via Vallen Dituding Cover Lagu Milik SID Hingga Mengomersialkan Tanpa Izin, Pihak WAMI Berkomentar

Belakangan ini Jerinx Superman Is Dead atau SID sibuk mencari-cari kesalahan Via Vallen. Yang mana Jerinx mengatakan jika Via telah meng-cover lagu milik SID tanpa izin bahkan telah mengomersialkannya dalam bentuk DVD tanpa meminta izin.

Lagu itu sendiri bertajuk ‘Sunset Di Tanah Anarki’. Tak hanya dituding beberapa hal diatas, tapi Via juga tidak pernah memberikan royalti kepada pihak SID saat lagu tersebut dilantunkannya di setiap acara.

Seakan tak ingin menimbulkan persepsi dan penilaian jelek dari public, Via pun belum lama ini angkat bicara. Secara tegas Via mengaku bahwa dirinya tidak pernah sama sekali mengomersialkan dalam bentuk DVD. Dan juga dirinya meminta maaf karena melantunkan lagu tanpa izin terlebih dulu.

Baca Juga ...   Ikuti Trend ’10 Years Challenge’, Pakaian Via Vallen Disindir Beli Di Pasar Hingga Murahan

Tak hanya Via yang angkat bicara, ternyata pihak WAMI atau Wahana Musik Indonesia juga tertarik untuk memberikan tanggapan. Sang wakil ketua WAMI mengatakan jika Via tidak melanggar hak cipta. Tapi seharusnya Via meminta izin terlebih dulu kepada pemiliknya.

Saya menilai Via Vallen tidak melanggar hak cipta dalam konteks ini ya. Selama Via menyanyikan seperti apa yang ditulis dan notasinya tidak diubah secara signifikan, harusnya enggak melanggar ya. (Pendapat) ini dari apa yang saya baca,” Tutur sang wakil ketua WAMI bernama Irfan Aulia Irsal itu.

Secara etika, Via Vallen itu harusnya berizin kepada Jerinx dan kawan-kawan kalau memang sering menggunakan lagunya. Itu yang disebut etika hak cipta,” Lanjut penuturan sang wakil ketua WAMI itu.

Baca Juga ...   Jika Film ‘Dilan 1990’ Bisa Tembus Penonton Diluar Ekspektasi, Sang Sutradara Dan Para Pemain Utama Janjikan Hal Menarik Ini

Lebih lanjut Irfan juga meminta kepada pihak SID agar meminta sejumlah royalti jika lagu miliknya dilantunkan disetiap acara.

Baca Juga Yang Ini:


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.