Film, TV & Musik

Perselisihan Jerinx – Via Vallen Berlanjut, Ini Tanggapan Anji dan Dory Soekamti

Perseteruan yang antara musisi Jerinx dan Via Vallen tampaknya kini semakin memanas. Perseteruan keduanya bermula karena perizinan lagu “Sunset di Tanah Anarki” milik Superman Is Dead. Via diketahu membawakan lagu tersebut dalam versi dangdut koplo yang memang selama ini menjadi ciri khasnya. Perseteruan itupun akhirnya juga menarik perhatian Anji dan Dory Soekamti (gitaris Endank Soekamti).

Dalam komentarnya, Dory Soekamti mengatakan bahwa kasus ini bisa dipandang dengan mengacu pada Undang-undang no 28 Tahun 2014, tentang Hak Cipta. Dory mengatakan bahwa setiap penyanyi boleh saja membawakan lagu milik orang lain berdasarkan UU tersebut.

“Sebenarnya meng-cover lagu orang pun boleh. Dalam artian dia sebagai performer membawakan lagu orang lain. Entah itu lagu orang lain yang dikhususkan untuk dibawakan oleh dia, ataupun lagu yang benar-benar milik orang lain,” ujar Dory Soekamti dalam video yang diunggah di kanal YouTube Dunia MANJI pada Jumat (16/11/2018).

Baca Juga ...   Ternyata Ini Alasan Kenapa IU Mengganti Title Track Album "Flower Bookmark'

Namun, Dory juga meneruskan komentarnya. Ia mengatakan bahwa pencipta lagu juga memiliki hak yang sama untuk memberi izin penyanyi lain membawakan lagunya.

“Hak cipta itu eksklusif banget, eksklusif dari pencipta. Pencipta itu mempunyai hak untuk memberi izin dan mempertahankan haknya. Misalnya dianggap tidak sesuai dengan reputasi dia, dengan kehormatan dia, dia berhak juga untuk melarang. Karena itu hak eksklusif pencipta,” lanjut Dory Soekamti menerangkan.

“Jerinx merasa bahwa lagu ‘Sunset di Tanah Anarki’ tidak sesuai dengan esensi lagunya, dia punya hak untuk tidak membolehkan orang membawakan lagunya. Karena dia penciptanya,” tambah Anji.

Dory juga membahas permasalahan terkait perizinan lagu. Dory menyarankan agar setiap performfer sebaiknya sudah mengantongi izin dari pemilik lagu sebelum lagu itu dibawakan.

Baca Juga ...   Ketua KPI Pusat Angkat Bicara Soal Protes Adegan Ranjang Bryan Domani Dan Ersya Aurelia

“Di sisi lain, performer punya hak juga untuk membawakan lagu orang selama dia meminta izin. Kalau bisa secara langsung enggak apa-apa, bagus juga. Tapi kalaupun misalnya di dalam pertunjukan, kembali ke Undang-undang no 28 tahun 2014, kalau berdasarkan pasal 23 ayat 5 kalau saya enggak salah, performer tidak harus meminta izin. Karena kalau di mana-mana memberikan izin, akan susah juga yang memberikan lisensi. Tapi itu juga enggak bisa sembarangan, karena dia juga harus membayar imbalan. (Melalui) Si penyelenggara,” tandas Dory Soekamti.

 

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Via Vallen Tak Mau Dianggap Sebagai ‘The Next Inul Daratista’, Ini Alasannya


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.