News

Salah Satu yang di Anugrahkan Pahlawan Nasional Tahun Ini, Wanita! Siapakah Dia?

Jakarta- Seperti biasa menjelang hari pehlawan 10 November Indonesia selalu memberikan gelar pahlawan setiap tahunnya.  Untuk tahun ini Presiden Joko Widodo setelah usai  menggelar hajat pernikahan putri tunggal nya kemarin di Surakarta, Jokowi lansung  beranjak ke Jakarta untuk melakukan Upacara penganugrahan  Gelar Pahlawan Nasional 2017.

Dan tahukah anda setelah proses pengajuan, hari ini secara sah salah satu dari keempat yang mendapatkan anugrah gelar pahlawan tahun ini adalah wanita? Iya, benar sekali sesuai dengan surat Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/TAHUN 2017 salah satu dari keempat yang mendapat gelar pahlawan tahun ini adalah wanita yang benama  asli Keumalahayati atau yang sering kita sebut Laksamana Malahayati.

Baca Juga ...   Bolehkan Menjalankan Diet Keto Bagi Ibu Menyusui?

Nama Laksamana Malahayati ini muncul sebagai kandidat yang mendapat gelar pahlawan nasional 2017 berawal dari usulan Kowani (Kongres Wanita Indonesia) yang kemudian didukung oleh komisi X DPR RI yang kemudian disambut Gubernur Aceh, lalu terbitlah rekomendasi yang ditujukan kepada Menteri Sosial lalu baru lah sampai pada saati ini Laksamana disetujui oleh presiden  untuk mendapatkan Anugrah Gelar Pahlawan 2017.  Di mana sosok Laksamana ini merupakan panglima perang wanita pertama di dunia yang mampu memimpin 2000 pasukan berasal dari kesultanan Aceh anak dari Laksamana Mahmud Syah, cucu dari Sultan Ibrahim Ali Mughayat .

Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo menyebutkan sosok laksamana Malahayati pada masa perjuangannya  setelah usai menimba ilmu pada akademi angkatan laut di Aceh laksamana Malahayati berani menusukkan senjata rencongnya kepada laksamana musuh. Lebih jauh lagi menurut informasi kematian Cornelis de Houtman seorang penjajah dari Belanda dalam peperangan Inong Balee tanggal 11 September 1599 disebabkan keberhasilan Malahayati dalampertempuran satu lawan satu di gladak Kapal. Hal ini pula yang menjadi cikal bakal Malahayati mendapat gelar Laksamana.  Sungguh ini merupakan prestasi besar dan mecengangkah, seorang wanita yang biasanya melekat kata lemah nan manja  namun tidak untuk seorang Laksamana Malahayati.  Beliau tetap berjuang sekuat tenaga sampai akhir hayatnya. Jadi untuk kalian wanita Indonesia siapkah untuk menjadi the next pahlawan? Paling tidak untuk keluargamu.  Keep spirit wanita Indonesia !

Baca Juga ...   Wacana Penyederhanaan Golongan Listrik

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.