News

Komik X-Men Dituntut Minta Maaf Oleh Umat Hindu di Amerika Serikat

Akhir-akhir ini, komik X-Men ‘Uncanny X-Men #5’ menjadi bahan perbincangan publik. Pasalnya, komik superhero tersebut dinilai menyinggung komunitas Hindu di Amerika Serikat sehingga tuai kontraversi. Komunitas Hindu tersebut kemudian menuntut pihak X-Men komik untuk meminta maaf kepada mereka.

Namun meski telah dituntut untuk meminta maaf, pihak Marvel Comics hingga kini belum menanggapi tuntutan dari komunitas yang mengatasnamakan Universal Society of Hinduism tersebut. Rajan Zed selaku ketua komunitas tersebut menghimbau untuk tidak menganggap hal ini sembarangan lantaran agama Hindu merupakan agama tertua dan sekaligus terbesar ketiga yang ada di dunia.

Kami memiliki sekitar 1,1 miliar pengikut danpemikiran filosofis yang kaya. Serta tidak boleh dianggap sembarangan. Simbol keyakinan apapun, lebih besar atau lebih kecil, tidak boleh disalahtangani,”kata Rejan Zad, seperti yang dilansir dari Comicbook, Senin (17/12/2018). 

Baca Juga ...   Salah Satu yang di Anugrahkan Pahlawan Nasional Tahun Ini, Wanita! Siapakah Dia?

Komunitas ini menganggap bahwa komik X-Men melecehkan simbol-simbol agama dan tidak bertanggung jawab terhadap doktrin agama dengan serius.

Umat Hindu punya ekspresi artistik dan pidati bebas seperti halnya orang lain jika tidak lebih. Tapi iman adalah sesuatu yang sakral dan upaya untuk meremehkan itu menyakiti para pengikut agamanya,” lanjut Rejan.

Lebih dalam, presiden Universal Societyof Hinduism itu menyarankan bahwa seharusnya Marvel Comics lebih dapat lebih teliti dan sensitive dalam menangani berbagai isu, terutama isu spiritual yang diangkat dalam kisah komiknya.

Karena komik adalah media yang kuat, meninggalkan dampak abadi pada pikiran yang tidakd icurigai oleh anak-anak. Komik juga mudah mempengaruhi anak-anak, remaja, dan orang muda lainnya.” Tambahnya.

Baca Juga ...   Beberapa Hal Yang Selalu Luput Dari Cowok Yang Memilih Untuk Menikah

Bagian yang membuat komunitas Hindu di AS merasa tersinggung adalah dimana seorang mutan bernama X-Man menghilangkan ‘rumah ibadah palsu’ di bumi menghilang dengan menggunakan kekuatannya. Salah satu yang dihilangkan adalah kuil Hindu yang bernama Sree Padmanabha Swamy yang adadi Thiruvananthapuram, India. Tak hanya itu saja, ‘Uncannya X-Men #5’juga memiliki kemampuan psikis yang dapat menghapus berbagai hal yang dapat membagi populasi manusia, termasuk agama.

Baca Juga Yang Ini:


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.