Life

Bunda, Jangan Menyimpan Telur Di Pintu Kulkas!

Menyimpan  telur mentah di pintu kulkas sangat sering dijumpai. Bahkan mungkin sekarang Bunda dan para pembaca semua juga melakukan hal yang sama. Selain memang di pintu kulkas didesain dan diberi tempat khusus untuk telur mentah, menyimpan telur di pintu kulkas dianggap bisa mengurangi resiko telur cepat busuk. Pasalnya di dalam kulkas diketahui suhunya lebih rendah daripada di suhu ruangan.

Perlu diketahui ya Bunda, menyimpan telur pada pintu kulkas justru akan membuat telur menjadi cepat busuk. Himbauan untuk tidak menyimpan telur di pintu kulkas sudah mulai digaungkan oleh peneliti-peneliti yang berasal dari berbagai negara.

Berdasarkan pendapat para peneliti tersebut disimpulkan bahwa pintu kulkas merupakan bagian kulkas yang suhunya paling tinggi dibandingkan dengan bagian yang lain. Hal inilah kemudian yang menjadi penyebab telur yang diletakkan di pintu kulkas membuat telur menjadi lebih cepat busuk. Berdasarlan penelitian pula, tak hanya telur yang cepat membusuk jika diletakkan di pintu kulkas. Makanan jenis roti, buah, dan susu juga akan lebih cepat membusuk jika ditempatkan di pintu kulkas.

Baca Juga ...   Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Hipertensi

Selain suhunya yang paling hangat dibandingkan dengan yang lain, suhu di pintu kulkas sangat fluktuatif. Hal ini dikarenakan sering dibuka dan ditutup ketika ada keperluan untuk mengambil ataupun meletakkan barang di kulkas. Ternyata ini juga berpengaruh terhadap pembusukan makanan di pintu kulkas.

Para peneliti menyarankan untuk meletakkan telur di luar kulkas atau di suhu ruangan. Alasan yang diberikan karena suhu ini dianggap lebih cocok dan tepat dalam pencegahan fluktuasi suhu dan juga mencegah terjadinya kontaminasi.

The British Egg Information Service memberikan penjelasan bahwa telur juga tidak boleh disimpan di dekat dengan makanan yang memiliki bau menyengat karena telur memiliki sifat mudah menyerap bau. Selain itu, suhu yang paling tepat untuk menyimpan telur adalah dibawah 20 derajat celcius atau 28 Fahrenheit.

Baca Juga ...   Pengalaman Hidup Merantau Memanglah Mesti Anda Miliki Meskipun Hanya Sekali

Keterangan yang dilansir dari Daily Mail, penulis buku The Science of Cooking yang sekaligus berprofesi sebagai dokter bernama Dr Stuart Farrimond menjelaskan bahwa menyimpan telur di kulkas akan membuat makanan yang dibuat dengan bahan telur pula.

Baca Juga Yang Ini:

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.