Film, TV & Musik

Patenkan Slogan ‘Hakuna Matata’ Di Film ‘Lion King’, Disney Dibanjiri Petisi Dari 45 Ribu Orang

Sebuah film animasi yang diproduksi oleh Disney bertajuk ‘Lion King’, tepat pada tahun 1994 lalu telah dirilis. Bagi para penikmatnya tentu sudah tidak asing dengan film ini. Bahkan ada beberapa istilah yang digunakan hingga menjadi familiar ditelinga penikmatnya. Salah satunya yaitu istilah ‘Hakuna Matata’.

‘Hakuna Matata’ sendiri merupakan sebuah istilah berasal dari bahasa Swahili yang berarti ‘No Problem’. Tak hanya dijadikan sebuah istilah di filmnya tersebut, tapi pihak Disney juga sudah mematenkan slogan itu dengan tujuan untuk menghentikan produksi dari merchandise secara tak resmi.

Dan atas pengajuan Disney, pihak NPR pun juga telah menyetujuinya pada tahun 2003 lalu hingga sekarang masih berlaku. Namun dengan berjalannya waktu ternyata seorang aktivis bernama Shelton Mpala yang berasal dari Simbabwe menentang keputusan Disney. Shelton menganggap jika pihak Disney tidak memiliki hak untuk mematenkan slogan tersebut.

Aku menyamakan hal ini (tindakan Disney) seperti penjajahan dan perampokan, tindak perampasan atas hal yang Anda tidak berhak. Bayangkan, jika kita pergi mengambil rute itu, maka kita berhutang royalti kepada siapapun yang berbicara bahasa Inggris, atau Prancis jika kita berbicara bahasa Prancis,” Tutur sang aktivis asal Simbabwe itu.

Hakuna Matata telah digunakan oleh banyak negara-negara yang memakai bahasa Kiswahili seperti Tanzania, Kenya, Uganda, Rwanda, Burundi, Mozmbique dan Republik Demokrat Kongo. Disney tidak boleh diizinkan memakai sesuatu yang tidak mereka temukan,” Sambungnya lagi.

Sontak usai pernyataan itu dilontarkan Shelton, sebanyak 45 ribu orang langsung membuat petisi dan menentang keputusan Disney. Dan usai petisi itu diluncurkan sampai saat ini pihak rumah produksi raksasa itu belum juga memberikan tanggapannya.

Baca Juga ...   Hentikan Konser Sheila On 7, Polda DIY Minta Maaf

Baca Juga Yang Ini:


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.