News

Bertepatan dengan Pernikahan Putri Presiden, Lalu Lintas Bandara Adi Soemarmo Padat

Bertepatan dengan pernikahan puti Presiden Joko Widodo pada tanggal 8 November lalu, Lalu lintas di Bandara Adi Soemarmo Meningkat pesat. Hal tersebut memaksa PT Angkasa Pura I (Persero) untuk melakukan modifikasi sistem parkir pesawat di Bandara Internasional Adi Soemarmo di Solo. Kebiasaan parkir pesawat dengan menggunakan dorongan mesin jet pun tidak lagi diizinkan seperti biasanya. Adapaun modifikasi yang dilakukan AP I adalah dengan menggunakan sistem towing untuk pesawat carter.

“Hal ini dilakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mencegah efek jet blast yang berpotensi membahayakan mengingat konfigurasi parkir pesawat yang cukup padat dan saling berdekatan pada hari pernikahan putri Presiden Joko Widodo ini,” terang Israwadi selaku Corporate Secretary AP I pada hari Rabu (8/11/2017).

Baca Juga ...   Solusi Menghilangkan Bopeng Pada Wajah Dengan Facial Vampire

Kebijakan tersebut dilakukan berdasarkan permohonan Angkasa Pura I Cabang Bandara Adi Soemarmo Solo pada Selasa (7/11/2017). Surat tersebut ditujukan kepada Perum LPPNPI (Air Navigation) Solo. Selain itu, surat tersebut juga ditujukan kepada Komandan Pangkalan Udara TNI AU Bandara Adi Soemarmo Solo agar menerbitkan Notam (notice to airmen) perihal pengaturan parkir pesawat charter di apron utara Bandara Adi Soemarmo Solo. Towing merupakan proses pengaturan parkir pesawat udara untuk masuk dan keluar parking stand menggunakan mobil towing (towing car) tanpa melibatkan diaktifkannya mesin pesawat.

“Karena tingginya traffic pesawat charter di apron khususnya di tanggalnya 8 dan 9 November, untuk mengoptimalkan pengaturan parkir pesawat perlu dilakukan melalui proses towing oleh tim groundhandling setelah pesawat berhenti pada posisi aman sesuai instruksi petugas apron movement control (AMC),” tegas Israwadi.

Baca Juga ...   BPJS Ketenagakerjaan Hadir untuk Tenaga Kerja Indonesia di Singapura

Adapun alasan dari penerapan kebijakan tersebut adalah untuk menghindari timbulnya jet blast. Jet Blast dapat berdampak buruk karena dapat mendorong benda-benda disekitarnya dan dikhawatirkan dapat membahayakan. Selain itu, konfigurasi parkir juga cukup padat dan dekat antar pesawat pada hari pernikahan putri Presiden Joko Widodo ini.

“Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, maka kami upayakan untuk mengantisipasi berbagai hal termasuk pengaturan parkir pesawat, “ tutup Israwadi.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Tambah Akrab, Ini Spekulasi Publik Mengenai Hubungan Sofia Richie dan Scott Disick
zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.