Life

Kuliah Pascasarjana Tapi Budget Mepet? Kamu Bisa!

Pendidikan tinggi merupakan sesuatu yang wajib dimiliki oleh seseorang dijaman yang penuh tantangan dan saingan seperti saat sekarang ini. Selain untuk menambah skill, pengalaman dan pengetahuan, sekolah dengan jenjang yang tinggi juga dapat digunakan untuk menunjang karir. Sekarang, bukan hanya para lelaki saja yang memutuskan untuk meneruskan pendidikan hingga jenjang pascasarjana. Namun kini fenomena melanjutkan pendidikan hingga jengang Pascasarjana sudah mulai digandrungi para wanita dengan berbagai status.

Ladies, mungkin banyak pertimbangan yang memenuhi pikiranmu untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus sarjana. Mengingat wanita memang berkodrat sebagai istri dan memiliki tanggung jawab mendidik dan mengurus anak di rumah, rasanya sungguh berat memutuskan untuk melanjutkan pendidikan. Alasan ini kemudian diperkuat dengan tipisnya anggaran untuk melanjukan ke jenjang selanjutnya.

FYI girls, justru karena kamu memiliki tanggung jawab dalam mendidik anak-anakmu kelak dan kamu juga sebagai madrasah pertama bagi calon penerus bangsa, ini adalah alasan kuat kenapa kamu harus terus menuntut ilmu. Jika kamu memili kendala dalam masalah keuangan, beberapa tips di bawah ini akan sangat membantumu.

  1. Daftar Beasiswa
Baca Juga ...   Gairah bercinta anda menurun? Mungkin ini penyebabnya !

Beasiswa kini banyak tersedia untuk putra putri Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan hingga tingkat Doktoral. Jika kalian beruntung bisa mendapat beasiswa sebelum mulai perkuliahan, tentu keterbatasan anggaran bukan lagi menjadi halangan. Lain halnya jika kalian belum beruntung mendapatkan beasiswa sebelum masuk kuliah. Sama halnya ditingkat sarjana, pada tingkat pascasarjana juga banyak tawaran beasiswa on going. Maksunya, beasiswa tersebut dapat kalian cari setelah kalian menjalani perkuliahan. Uang pendaftaran akan diganti jika kalian beruntung mendapatkan beasiswa tersebut.

  1. Kerja Paruh Waktu

Salah satu solusi yang bisa meringankan beban keuanganmu ketika kamu masuk jenjang pascasarjana adalah dengan bekerja paruh waktu. Di sela-sela kesibukkan kuliah dan mengerjakan tugas, luangkan waktumu untuk menambah penghasilan dengan bekerja paruh waktu. Banyak jenis pekerjaan paruh waktu yang bisa dilakukan oleh orang yang telah bergelar sarjana seperti kalian. Misalnya, menjadi guru privat, editor, mengajar di lembaga bimbingan belajar, berwirausaha, dan masih banyak lagi yang lain.

  1. Ikut Organisasi

Ikut organisasi mungkin sudah bukan masanya bagi mahasiswa pascasarjana, namun perlu kalian ketahui girls, mengikuti orginasi di tingkat pascasarjana membantu kalian mencari relasi. Bertemu dengan orang-orang satu organisasi denganmu akan membangun semangat dan melahirkan ide-ide luar biasa. Selain itu, ikut organisasi akan membuatmu tidak banyak waktu terbuang untuk bermain atau hanya sekedar nongkrong. Lumayan kan girls, kamu bisa nambah pengalaman sambil ngontrol pengeluaran?

  1. Hindari Sering Hang Out Dengan Teman
Baca Juga ...   Menstruasi Terlambat Belum Tentu Hamil, Ini Alasannya!

Kalian tentu tahu kalau perempuan sangat dekat dengan hang out dan shopping. Meski tak belanja, wanita senang pergi ke pusat perbelanjaan hanya sekedar jaln-jalan bersama teman. Mungkin kalian dari rumah tak ada niat untuk belanja, tapi rasanya jarang sekali wanita yang bisa menahan godaan baju, tas, jilbab, dan berbagai aksesoris di pusat perbelanjaan. Jikapun kalian para wanita bisa menahan hasrat berbelanja dan hanya memilih untuk makan dan minum. Tau sendiri kan girls kalau harga di mall? Untuk itu, kalian harus mengurangi porsi hang out dengan teman-teman selama menempuh masa studi di pascasarjana demi menekan pengeluaran yang sebenarnya tidak harus dikeluarkan.

  1. Tekan Pengeluaran Untuk Membeli Buku Dengan Memanfaatkan Perustakaan
Baca Juga ...   Destinasi Wisata Keren yang Dapat Anda kunjungi Untuk Menyaksikan Supermoon di Penghujung Bulan Ini

Bagi anak kuliahan, kebutuhan untuk membeli buku atau mengkopi sumber materi merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar. Terkadang, banyak mahasiswa yang enggan untuk meminjam atau membaca buku di perpustakaan dengan alasan jumlahnya terbatas dan adanya denda jika terlambat mengembalikan. Nah ladies, bagi kalian yang memiliki budget minim, kalian bisa memanfaatkan perpustakaan untuk mengurangi pengeluaran. Namun demikian kalian harus rajin memperpanjang maupun mengembalikan buku agar tidak terkena denda.

Terlepas dari tips di atas, perlu komitmen yang kuat dalam diri kalian agar bisa menjalani perkuliahan dengan segala keterbatasan anggaran girls. Tak dipungkiri jika ini akan membuat kalian lelah dan sangat sibuk. Meski demikian, perjuangan kalian akan lebih bermakna jika kalian mampu keluar dari zona aman dan nyaman. Kalian pasti bisa!

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.