Film, TV & Musik

Ini Ternyata Yang Membuat Once Mekel Lebih Nyaman Bersolo Karir

Once Mekel merupakan salah satu musisi yang telah lama dikenal melalui lagu-lagu fenomenal yang dinyanyikannya bagi ketika dirinya masih bersama Dewa 19 maupun secara solo. Once diketahui telah hengkang dari band yang sudah membesarkan namanya, yaitu Dewa 19 sejak tahun 2011 lalu. Meski sudah keluar dari band, nyatanya Once sebenarnya masih berkeinginan membentuk band.

Adanya keinginan untuk membentuk band rupanya tidak sejalan dengan keadaan yang dialaminya. Rupanya ia pernah beberapa kali mengalami kegagalan saat ingin membangun band baru. Banyak hal yang mengganggu lahirnya band yang akan digagas olehnya tersebut. Salah satunya adalah tidak ditemukannya anggota yang kreatif dan sesuai dengan apa yang Once inginkan.

Saya mau bikin band baru mungkin kalau band itu punya anggota yang kreatif, tapi sampai saat ini masih gagal terus bikin band baru,” cerita Once saat ditemui di Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2017).

Bahkan Once mengaku pernah mencoba membentuk band yang anggotanya dari musisi senior. Namun rencana ini tak semudah yang dipikirkannya. Waktu merupakan kendala bagi mereka yang sudah senior di dunia musik. Mengingat banyak kesibukkan yang dimiliki musisi senior maka rencana pembentukan band pun menjadi terhalang.

Sering mencoba dengan teman-teman pemain band yang cukup senior dan dikenal publik, tapi selalu ada kendala dalam soal waktu dan kesibukkan,” imbuhnya.

Setelah beberapa kali mengalami kegagalan, akhirnya Once memutuskan untuk bersolo karir saat ini. Pilihan ini dirasa sangat tepat untuknya karena dinilai lebih fleksibel dan tidak tersandung dengan urusan atau kesibukkan orang lain jika dibandingkan dengan band.

“Sampai detik ini masih enakan solo karier sih, kita bisa bagi waktu, lebih enak, lebih fleksibel, nggak ribet dengan kesibukan teman-teman yang lain,” tambah Once.

Menurut Once, dalam membuat grup band itu tidak seperti membuat organisasi. Banyak hal yang harus dipadukan, bukan hanya masalah waktu. Rasa, latar belakang musik, dan konsistenitas kebersamaan menjadi tantangan tersendiri jika ingin membentuk sebuah band.

Yang pasti akan berfikir juga ya karena band itu kan nggak seperti organisasi yang lain itu kan perpaduan antara rasa dan latar belakang bermusik dan yang lain, jadi kita perlu menyesuaikan diri juga, kita perlu saling suka satu sama lain, betah sama bareng-bareng, spending waktu bareng-bareng. Jadi ya nggak gampang bikin band, apalagi soal waktu,” pungkasnya.

Join The Discussion