News

Wacana Penyederhanaan Golongan Listrik

Jakarta – PT perusahaan Listrik Negara (Persero) akan melakukan penyederhanaan golongan listrikbagi pelanggan non subsidi. Di mana untuk golongan listrik 900VA, 1.300 VA, 2,200 VA dan 4,400 VA akan dihapus dan tersisa golongan 5.500 VA dan 6.600 VA.

Namun, untuk penyederhanaan ini dilakukan secara bertahap. Seperti yang dikatakan Dierektur Utama PLN Sofyan Basir di Jakarta, kams (17/11/2017), “nantinya si seluruh indonesia, tahap pertama di jawa dulu,”

Lalu apa dampaknya dari penyederhaan golongan listrik?

Menteri koordinator bidang perekonomian Darmin Nasution, mengatakan akibatnya konsumsi listrik berpotensi meningkat. Namun selama tarifnya tidak berubah maka tidak menyeret inflasi.

“kalau konsumsi naik, ya tidak ada masalah. Konsumsi lebih banyak tidak membuat inflasi. Selama tarifnya tidak berubah, tidak akan buat inflasi,” ujar Darmin saat ditemui dikantornya (17/11/2017).

Baca Juga ...   Alasan Tentang Pemakaian Heels Tak Lagi Kewajiban Namun Sebagai Pilihan

Namun di sisi lain BPS menilai berbeda, menurut Deputi bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti megatakan, jika sambungan daya masyarakat naik, tentu akan menyebabkan kenaikan inflasi.

Sebab, perhitungan inflasi terdiri dari total pengeluaran masyarakat untuk memperoleh listrik, termasuk proses instalasi listrik dalam tahap penyederhanaan. Sehingga dalam penyederhaan listrik ini akan menyebabkan kenaikan inflasi.

Di sisi lain pro dan kontra nya hal yang dapat ditimbulkan dari penyederhaan  golongan listrik. Bagi  kepala Badan Pusat statistik (BPS), Suhariyanto  mengenai hal ini masih perlu adanya kajian lebih dalam lagi.

“masih wacana kan, kan ini (penyederhanaan ) belum ini. BPS masih mempelajari dulu, tetapi bahwa sumbangan listrik ke inflasi itu ada. Ini kan, baru wacana dan mudah-mudahan tidak (pengaruh),” pungkanya.

Baca Juga ...   Akibat Yang Akan Anda Alami Ketika Kurang Beristirahat

Adapun implementasi kebijakan peyederhanaan golongan listrik ini menurut Sofyan, rencananya akan dilakukan mulai  tahun depan. Dan ia menegaskan penyederhanaan golongan listrik yang pastinya membuat  banyak masyarakat menambah daya  maka pihaknya tidak akan mengenakan biaya tambahan  alias gratis Begitu pula tarif daya listrik tidak ada kenaikan.

Kemudian dalam penyederhaan golongan listrik, PLN sendiri akan siapkan dana sebesar  RP1,5.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan kerja sama (KLIK) kementerian ESDM Dadan Kusiana mengatakan, biaya itu diperuntukan untuk pemasangan Miniature Circuit Breaker (MCB),Yaitu sebuah alat yang digunakan untuk membatasi arus listrik.

 

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Apakah Perbedaan Bangun Cinta Dengan Jatuh Cinta ? Simak Yuks Ulasannya Di Bawah Ini

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.