News

Kapan Mulai Puasa Tahun 2019 Ini?

SelebX.Com, Kapan Mulai Puasa Tahun 2019 Ini? – Marhaban yaa Ramadhan, ya Bulan Suci Ramadan sudah hampir tiba. Kamu yang Musli dan Muslimah tentu tak sabar lagi untuk menjalankan ibadah puasa. Di Indonesia tentu sudah terbiasa dengan perbedaan tentang Kapan Mulai Puasa dan Kapan Hari Raya Idul Fitri.

So Kapan mulai puasa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu mengikuti tim ahli yang sudah berpengalaman dan berwenang menentukan kapan tepatnya bulan Ramadhan dimulai. Perlu kamu ketahui bahwa sidang Isbat yang menentukan awal Ramadan akan dilaksanakan besok 5 Mei, bertepatan 29 Sya’ban 1440 H.

Salah satu organisasi Islam terbesar di tanah air yakni Muhammadiyah sudah menetapkan tanggal 1 Ramadan 1440 Hijriah atau 1 Ramadan 2019 jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019 Masehi. Penentuan tersebut diumumkan oleh PP Muhammadiyah yang tertulis dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2019 tentang Penetapan Hisab Ramadan, Syawwal dan Zulhijjah 1440 Hijriah.

Baca Juga ...   Kamu Wajib Tahu 5 Fakta Cacar Monyet Ini

Bagaimana para ahli menentukan Awal Ramadhan?

Penentuan Kapan Mulai Puasa atau awal bulan Ramadhan tentu tidak sembarangan. Beberapa ahli menggunakan mata telanjang atau yang sering disebut dengan metode rukyah hilal. Ada juga yang menggunakan hisab hakiki wal wujudul hilal yang selalu terhitung 29 hari. Tetapi untuk saat ini sudah banyak ahli hisab memakai teknologi modern (teropong canggih) untuk menentukan kapan mulai puasa.

Di sisi lain, sampai saat ini pihak pemerintah yakni Kementerian Agama (Kemenag) belum menetapkan secara resmi kapan 1 Ramadan 1440 H/2019. Meskipun begitu Kemenag telah merilis jadwal imsakiyah selama bulan puasa Ramadan 2019 di seluruh wilayah Indonesia. Jadwal tersebut bisa dibaca di situs resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag.

Baca Juga ...   Tips Berbagi Ketika Ngabuburit Agar Puasamu Lebih Bermakna


Mau HP Murah Berkualiatas? BACA INI DULU

Kemenag Gelar Sidang Isbat Pada Tanggal 5 Mei 2019

Pemerintah melalui Kemenag akan menggelar Sidang Isbat atau sidang penetapan awal Ramadhan 1440 Hijriah. Sidang tersebut diagendakan pada 5 Mei 2019 di Auditorium H. M. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jakarta Pusat. “Isbat awal Ramadan dilaksanakan 5 Mei, bertepatan 29 Sya’ban 1440 H,” kata Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, di Jakarta.

Beberapa pihak yang diundang dalam sidang tersebut adalah Duta Besar Negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Selain itu ada pula Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama juga pasti datang dalam sidang penetapan 1 Ramadan 1440 Hijriah.

Baca Juga ...   Dari Sebuah Hobi Akan Membawa Seseorang Menuju Kesuksesan Apabila Terus Ditekuni

Terlepas dari pertanyaan Kapan Mulai Puasa Tahun 2019 ini, Kami dan seluruh Team SelebX.Com mengucapkan Selamat berpuasa di bulan suci ini. Semoga amal ibadah kita diterima di sisi-Nya. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir bathin.

Baca Juga Yang Ini:


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.