News

Kamu Wajib Tahu 5 Fakta Cacar Monyet Ini

SelebX.Com, Kamu Wajib Tahu 5 Fakta Cacar Monyet Ini – Penyakit cacar monyet sedang viral dan menjadi topik hangat yang dibicarakan masyarakat. Sejak resmi ditemukan di Singapura, pemerintah Kota Batam merespon temuan ini dengan menyiapkan alat pemindai suhu tubuh, sebagai upaya antisipasi masuknya penyakit ini ke Indonesia.

Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Anung Sugihantono masyarakat tidak perlu khawatir menghadapi wabah cacar monyet ini. Tapi tetap waspada khususnya jika mau traveling ke Batam dan Singapura. Pesannya yang penting jaga kebersihan dan kesehatan selama bepergian. Misal jangan lupa cuci tangan dengan sabun. Pemerintah belum menerapkan perlakuan khusus kecuali Batam yang memasang alat deteksi suhu.

Ini Dia yang Kamu Wajib Tahu 5 Fakta Cacar Monyet

Penyebab Cacar Monyet ternyata bukan hanya dari Monyet

Ini fakta pertama yang cukup penting, ternyata penyebab penyakit Cacar Monyet ini bukan hanya dari Monyet saja, tapi hewan lain seperti tikus dan tupai juga berpotensi membawa virus yang menyebabkan cacar monyet. Informasi ini berasal dari WHO.

Baca Juga ...   Efek Negatif Yang Akan Terjadi Jika Kita Kurang Tidur

Untuk keamanan masyarakat sebaiknya menghindari kontak langsung dengan hewan yang bisa menjadi vektor virus, begitu informasi dokter ahli penyakit tropik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

So, Kamu yang lagi traveling hati-hati dan waspada terhadap penyakit cacar monyet ini.

Penyakit Cacar Monyet bisa Sembuh sendiri

Berdasarkan informasi Fakultas Kedokteran UI penyakit cacar monyet ini bisa sembuh sendirinya. Tapi butuh waktu lama sampai pasien bisa sembuh dari penyakit ini. Itupun dengan kondisi pasien harus dapat cairan dan nutrisi yang cukup dan perawatan yang baik hingga sembuh. Waktu yang diperlukan sampai sembuh biasanya 2-3 minggu.

Penyakit Cacar Monyet ini Belum Ada Obat yang Spesifik

Penyakit cacar monyet belum ada obat atau proses pengobatan yang spesifik. Pengobatan sekarang ini bersifat simtomatik sesuai gejala atau keluhan yang dirasakan pasien.

Baca Juga ...   Cynthiara Alona: Kalau Mau Naik Jet Pribadi Itu Gampang

Selain itu penyakit cacar monyet ini juga belum ada vaksinnya sebagai tindak pencegahan. Sebagai informasi vaksin untuk cacar monyet pernah dikabarkan sama dengan yang digunakan untuk chicken pox. Cacar monyet dan chicken pox sama-sama diakibatkan virus Variola.

Belum pernah ada di Indonesia

Penyakit cacar monyet hingga saat ini belum pernah ditemukan di Indonesia. Indonesia tidak punya pengalaman menghadapi penyakit ini. Namun tak perlu kuatir, karena penyakit ini dapat sembuh sendiri, infeksi cacar monyet tidak perlu menimbulkan kekhawatiran.

Dapat dicegah

Upaya pencegahan penyakit Cacar Monyet ini sebenarnya sangat simpel, cukup dengan cuci tangan pakai sabun tiap kali memulai atau mengakhiri aktivitas secara disiplin. Upaya pencegahan tentu lebih efektif dibanding dibanding pengobatan.

Baca Juga ...   Manfaat Mastuburi Untuk Kaum Hawa

Upaya lainnya yang tak kalah penting adalah pembatasan kontak terhadap hewan primata atau material yang terinfeksi virus.

Baca Juga Yang Ini:


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.