Life

5 Tradisi Lebaran Masyarakat Indonesia yang Dinantikan

SelebX.Com, 5 Tradisi Lebaran Masyarakat Indonesia yang Dinantikan – Di Indonesia merayakan Idul Fitri atau Hari Lebaran merupakan sebuah tradisi unik yang sudah berlangsung sejak dulu. Tradisi ini berlanjut dari tahun ke tahun, dan uniknya tradisi ini hampir sama setiap tahunnya.

Tradisi merayakan Lebaran ini pun bahkan sudah dinanti-nantikan masyarakat Indonesia.

Ini dia tradisi Lebaran yang sudah membuadaya di masyarakat Indonesia

Mudik

Tak pelak inilah tradisi paling rame yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia bertahun-tahun lamanya. Mudik adalah tradisi lebaran dimana masyarakat Indonesia menempuh perjalanan jauh untuk kembali ke kampung halaman. Saat ini mudik mungkin lebih banyak yang melalui jalur darat, karena tarif pesawat yang cukup mahal.

Baca Juga ...   Darah Haid Lebih Sedikit Apa Kira-Kira Penyebabnya Yach !

Bahkan di beberapa daerah, tradisi mudik ini bahkan menjadi agenda tahunan, seperti yang dilakukan masyarakat Minang dengan tradisi Pulang Basamo. Bersama perantau mereka pulang bersama, biasanya dalam rombongan ber mobil untuk kembali ke kampung halaman bersilaturahmi dengan keluarga besar.

Saat mudik biasanya Jakarta akan sepi. Pemudik pulang ke kampung halaman di sekitar Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera, bahkan Sulawesi.

Silaturahmi bermaaf-maafan

Dihari lebaran biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar. Disini biasanya dilakukan tradisi bermaaf-maafan. Tradisi ini sudah berlangsung lama, Walaupun bersilaturahmi atau halal bi halal tidak harus bertatap muka. Masyarakat bisa menggunakan telepon, video, dan media sosial untuk bermaaf-maafan.

Baca Juga ...   Jawaban Bijak Ria Ricis Menanggapi Gosip Nyeleneh Yang Mengarah Kepadanya

Bikin Ketupat

Membuat ketupat jadi wajib hukumnya saat lebaran, seperti sudah jadi tradisi, ketupat adalah makanan wajib hari lebaran. Ketupat berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari daun kelapa muda.

Ketupat disajikan biasanya dengan opor ayam, rendang daging, semur, dan sayur.

THR

Inilah tradisi yang ditunggu-tunggu, bahkan oleh pegawai negeri, buruh, pegawai swasta semua menantikan Tunjangan Hari Raya (THR).

Baju Lebaran

Tradisi selanjutnya adalah memakai baju terbaik saat lebaran, biasanya seluruh keluarga mempersiapkan baju lebaran keluarga dengan corak yang sama agar kompak.

Masyarakat Indonesia sudah terbiasa membeli baju lebaran di hari yang suci tersebut. Namun kalau uang terbatas dan baju masih bagus, tidak apa-apa juga memakai pakaian yang lama.

Baca Juga ...   Cara Ampuh Agar Orantuamu Bisa Merasa Bangga Memiliki Anak Sepertimu

Selamat Hari Raya Idul Fitri!

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.