News

Begini Profil Penajam Paser Utara calon Lokasi Ibu Kota Negara Indonesia di Kalimantan Timur

SelebX.Com, Begini Profil Penajam Paser Utara calon Lokasi Ibu Kota Negara Indonesia di Kalimantan Timur – Presiden RI Joko Widodo sudah mengumumkan lokasi Ibu Kota Negara Republik Indonesia yang baru sebagai pengganti Jakarta. Lokasi yang dipilih terdiri dari dua kabupaten di Kalimantan Timur yaitu Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pengumuman Calon Lokasi Ibukota Negara Republik Indonesia yang baru tersebut disampaikan secara resmi oleh Presiden di Istana Negara, Jakarta, pada acara konferensi pers hari Senin 26 Agustus 2019 pukul 13.30 WIB.

Pemerintah sudah melaksanakan kajian mendalam dan evaluasi yang intensif, studinya sendiri dilakukan selama 3 tahun terakhir. Hasil kajian itu menyimpulkan bahwa lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur.

Baca Juga ...   Penyebab Terus-terusan Menguap Meskipun Tidak Merasa Ngantuk

Profil Kabupaten Penajam Paser Utara

Tahukah Kamu profil Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai salah satu calon lokasi ibu kota baru Negara Kesatuan Republik Indonesia?

Kabupaten Penajam Paser Utara secara administratif terletak di Provinsi Kalimantan Timur, wilayah Paser Utara berada diantara Kabupaten Pasir, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kertanegara, dan Kota Balikpapan.

Dalam pengumuman tersebut Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wapres Jusuf Kalla dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil. Dalam jumpa pers itu Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

Berdasarkan data dan laporan Badan Pusat Statistik tahun 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara yang sekarang dipimpin oleh Bupati Abdul Gafur Mas’ud ini mempunyai wilayah dengan luas 3.333,06 kilometer persegi, terdiri dari 3.060,82 km persegi wilayah daratan, dan 272,24 km persegi wilayah lautan.

Baca Juga ...   Tangkuban Parahu Erupsi, Abu Menjulang 200 Meter

Ada 4 kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara yaitu Kecamatan Babulu, Waru, Penajam, dan Sepaku. Jumlah penduduknya sebanyak 157.711 jiwa, yang dominan terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 82.431 jiwa.

Dari sisi Agama, mayoritas penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara beragama Islam, yang lain beragama Katolik dan Kristen. Mata pencarian penduduknya terdiri dari pertanian, konstruksi, dan perdagangan. Kondisi infrastruktur jalan sebagai pendukung transportasi darat berdasarkan data BPS tahun 2017 sebagian besar masih berupa tanah dan kerikil, jalan aspal jumlahnya lebih sedikit.

Mengenai Potensi Bencana daerah Kapupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara menurut data BMKG termasuk daerah yang paling aman, bebas dari area patahan rawan gempa. Kontur tanah dari kedua Kabupaten itu juga relatif rata.

Baca Juga ...   Cara Mengatasi Patah Hati Saat Putus Cinta, Cekidot!

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.