News

Jus Buah Kurang Baik Untuk MPASI

Bayi yang sudah berusia lebih dari enam bulan akan diberikan makanan pendamping ASI atau kerap dikenal dengan nama MPASI oleh orangtuanya. Biasanya MPASI yang sering kali diberikan orang tua pada anaknya yakni berupa jus buah untuk sang buah hatinya. Padahal, jus buah tak dianjurkan dikonsumsi untuk bayi.

Jus buah bagaikan pedang yang memiliki mata dua, dapat membuat bayi menjadi obesitas maupun mengalami gizi buruk, uangkap salah satu staf pengajar yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dr. Klara mengungkapkan bahwa masalah gizi yang kerap kali dihadapi bayi yang berada di kawasan Indonesia yakni kekurangan gizi, ketimbang kelebihan berat badan.

Mengkonsumsi jus buah menjadikan anak menjadi kenyang sehingga tak mau makan lagi, padahal bayi kecil itu memiliki kapasitas lambungnya juga kecil. Sebab telah terlanjur kenyang, sang bayi yang semestinya diberi makanan berupa bubur daging akhirnya menjadi tak mau makan sebab sudah kenyang dengan mengkonsumsi jus buah tadi,” kata dokter ahli di bidang nutrisi serta metabolik ini.

Baca Juga ...   Tips Ampuh Dalam Menghilangkan Bau Mulut Selain Sikat Gigi

1

Ia menjelaskan bahwa jus buah tak mempunyai kandungan protein, padahal sang bayi kecil tersebut amat memerlukan protein serta zat besi. Sedang dalam jus buah tersebut isinya hanyalah gula, air serta serat. Gulanya ada dalam bentuk gula buah,” pungkasnya.

Tak hanya itu, bayi belum begitu memerlukan  dengan yang amanya serat. “mengkonsumsi jus sama dengan memberikan lebih banyak kalori dalam tubuh sang bayi. Seratnya pun biasanya banyak terbuang ketika membuat jus. Untuk camilan, lebih direkomendasikan apabila buah diberikan dalam bentuk puree maupun buah yang telah dicacah kecil dengan tidak diberi tambahan gula sedikit pun.

Mengkonsumsi buah yang telah dicacah kecil – kecil justru lebih baik untuk camilan si kecil. Mengapa demikian, sebab serat dan gulanya masih utuh ada di dalam buah tersebut. Jika dibuat menjadi jus kebanyakan seratnya jadi hilang. Demikian dari kami semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi referensi untuk anda dalam memberikan MPASI yang terbaik untuk buah hati anda semua.

Baca Juga ...   Bikin Momen Lucu Bayimu Dengan Sesi Pemotretan Yang Sangat Lucu

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.