News

Jenis Kopi Yang Dapat Dinikmati Oleh Penderita Asam Lambung

Penderita asam lambung sangat dianjurkan untuk menghindari minum kopi, sebab tingkat keasaman yang sangat tinggi. Namun, ternyata masih ada juga jenis kopi yang dapat dikonsumsi oleh penderita yang mempunyai asam lambung.

Kopi dingin sangat baik untuk penderita asam lambung sebab zat yang menimbulkan asam lambung tak ada mapun berkurang, jadi tak apa-apa justru bagus, ungkap dr Annisa Maloveny SpPD. Asam yang terdapat pada es kopi ketimbang kopi panas lebih rendah, yang akhirnya menjadikan para penderita refluks asam lambung masih dapat mengkonsumsi kafein dari satu cangkir kopi.

Sebelumnya dinyatakan bahwa rata-rata kopi dingin mempunyai kadar pH 6,31 yang berlawanan dengan versi panasnya yang memiliki kadar pH sebesar 5,48 dalam skala pH, makin rendah angkanya maka semakin asam sifat zat tersebut.

Baca Juga ...   Hal Yang Mungkin Bisa Menghilangkan Cita Rasa Secangkir Kopi

1

Situasi ini terjadi sebab air panas yang dipakai dalam menyeduh kopi bakalan mengeluarkan asam yang sangat pekat dari biji kopi. Sementara es batu bakalan lebih mengencerkan konsentrat kopi sehingga rasanya juga lebih “jinak”.

Walaupun demikian, terdapat batasan umum yang mesti dipatuhi dalam mengkonsi kopi. Berdasarkan pendapat dari Annisa, minum kopi orang dewasa tiga hingga dengan empat cangkir tiap hari. Jumlah tersebut sebab batas konsumsi kafein harian kira-kira 300 hingga 400 miligram.

Apabila berlebihan, maka akan menimbulkan banyak dampak negatif yang akan bermuncul, misalnya saja insomnia, inkontinensia urine maupun buang air kecil yang terus menerus, meningkatnya tekanan darah, masalah menstruasi, serta terjadinya asam urat.

Baca Juga ...   Buka Acara Pusat Pelatihan Keterampilan, Menteri Tenaga Kerja Imbau Dunia Usaha Bantu Masyarakat Berwirausaha

Kelebihan mengkonsumsi kafein dengan jangka waktu panjang bisa menyebabkan beberapa permasalahan kesehatan yang sangat serius, misalnya saja masalah lambung, gangguan sistem kardiovaskular, rusaknya tulang, daya ingat mengalami gangguan, turunya kinerja mental, menimbulkan produksi hormon cortisol serta yang paling parahnya bisa mempengaruhi kesuburan wanita maupun bahkan hingga terjadinya keguguran.

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.