News

5 Fakta G30S/PKI, Sejarah Kelabu Indonesia

SelebX.Com, 5 Fakta G30S/PKI, Sejarah Kelabu Indonesia – Gerakan 30 September atau G30S/PKI adalah salah satu peristiwa penting dalam catatan sejarah Republik Indonesia, setiap Tahun peristiwa ini selalu dikenang dan diingat masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda.

Peristiwa kelam dalam sejarah Indonesia itu terjadi pada tanggal 30 September sampai 1 Oktober 1965 di Jakarta dan Yogyakarta, tercatat dalam sejarah enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat Indonesia dan beberapa orang lainnya dibunuh dalam upaya kudeta.

Berikut 5 Fakta G30S/PKI, Sejarah Kelabu Indonesia

Sejarah Singkat G30S/PKI

G30S/PKI adalah gerakan dengan tujuan menggulingkan Presiden Sukarno dan menjadikan Indonesia sebagai negara komunis. Gerakan itu dipimpin oleh DN Aidit dimana saat itu adalah ketua dari Partai Komunis Indonesia (PKI).

Tanggal 1 Oktober 1965 dini hari Letkol Untung anggota Cakrabirawa (pasukan pengawal Istana) memimpin pasukan yang loyal pada PKI. Pasukan tersebut mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia. Tiga Perwira tinggi itu dibunuh langsung di rumahnya. Jenderal lainnya diculik dan dibuang dalam Lubang Buaya.

Baca Juga ...   Tips Menghadapi Cewek Yang Sering Membandingin Kita Dengan Cowok Yang Lainnya

Perwira Tinggi TNI AD yang Jadi Korban

Ada enam perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang jadi korban Gerakan 30S/PKI tersebut, mereka adalah :

  • Letnan Jendral Anumerta Ahmad Yani
  • Mayor Jendral Raden Soeprapto
  • Mayor Jendral Mas Tirtodarmo Haryono
  • Mayor Jendral Siswondo Parman
  • Brigadir Jendral Donald Isaac Panjaitan
  • Brigadir Jendral Sutoyo Siswodiharjo

Sedangkan Panglima TNI AH Nasution yang juga jadi target utama berhasil meloloskan diri dari kepungan PKI di rumahnya. Namun sayang putrinya Ade Irma Nasution tewas akibat tembakan termasuk ajudan Lettu Pierre Andreas Tendean, dia diculik dan ditembak di Lubang Buaya.

Itulah sejarahnya kenapa Keenam jenderal di atas dan ditambah Lettu Pierre Tendean ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi dan Pahlawan Nasional.

Disamping para perwira tadi ada juga beberapa orang lainnya yang jadi korban pembunuhan di Jakarta dan Yogyakarta:

Baca Juga ...   Bentuk Grup Band Baru, Rowman Sebut Ungu Masih Tetap Baik Baik Saja


Mau HP Murah Berkualiatas? BACA INI DULU
  • Brigadir Polisi Ketua Karel Satsuit Tubun
  • Kolonel Katamso Darmokusumo
  • Letnan Kolonel Sugiyono Mangunwiyoto

Soeharto Membersihkan PKI

Peristiwa G30S/PKI menimbulkan kemarahan rakyat dan menuntut Presiden Sukarno agar membubarkan PKI. Presiden Sukarno kemudian memberikan perintah kepada Mayor Jenderal Soeharto agar segera membersihkan seluruh unsur pemerintahan dari PKI.

Mayor Soeharto bergerak cepat, PKI kemudian dinyatakan sebagai pelaku kudeta, para tokoh PKI diburu dan ditangkap, termasuk DN Aidit. Tidak sampai disitu, Mayor Soeharto juga menangkap anggota PKI dan Ormas nya antara lain Lekra, CGMI, Pemuda Rakyat, Barisan Tani Indonesia, Gerakan Wanita Indonesia dan lain-lain.

Di Zaman Orba Selalu Diperingati

Di zaman Orde Baru atau di Pemerintahan Presiden Soeharto, G30S/PKI selalu diperingati setiap tanggal 30 September. Dan pada tanggal 1 Oktober kita juga memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Sebagai upaya untuk mengenang jasa Pahlawan Revolusi yang telah gugur dalam peristiwa G30S/PKI, Presiden Soeharto membangun Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya Jakarta Timur.

Baca Juga ...   Inilah Persiapan Yang Dilakukan Bunga Jelitha Ibrani Dalam Ajang Miss Universe 2017

Film G30S/PKI

Film G30S/PKI dibuat oleh Pusat Produksi Film Negara pimpinan Brigjen G. Dwipayana tahun 1984. Di era orde baru pada zaman pemerintahan Presiden Soeharto, film tersebut wajib menjadi tontonan anak sekolah dan wajib tayang di TVRI tiap tanggal 30 September malam. Namun sejak Presiden Soeharto lengser tahun 1998 film garapan Arifin C. Noer itu tidak lagi menjadi tayangan wajib TVRI.

Nah itulah 5 Fakta G30S/PKI, Sejarah Kelabu Indonesia, agar Kamu tahu dan mengerti fakta-faktanya.

Baca Juga Yang Ini:


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.