Life

Dendy Mikes Meninggal, Ini Cara dan Langkah Pertama Menyelamatkan Orang yang Kena Serangan Jantung

SelebX.Com, Dendy Mikes Meninggal, Ini Cara dan Langkah Pertama Menyelamatkan Orang yang Kena Serangan Jantung – Musisi Dendy Mulya Pasha alias Dendy Mikes meninggal dunia hari Minggu 6 Oktober 2019, Dendy meninggal karena serangan jantung.

Menurut WHO, banyak orang yang meninggal karena serangan jantung di seluruh dunia. Sebanyak 37 persen orang yang meninggal mendadak atau lagi tidur karena serangan jantung.

Angka kematian yang tinggi karena penyakit jantung koroner (PJK) ini disebabkan gejala pertama penyakit ini, gejalanya berupa serangan jantung atau kematian mendadak.

Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Dr. dr. Antonia Anna Lukito dari Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia (PIKI) memberikan penjelasan tentang cara pertolongan pertama yang harus diberikan tindakan segera ke penderita serangan jantung agar tidak meninggal.

Baca Juga ...   Begini nasehat Cinta Penelope Untuk Menghindari Kanker

Tindakan pertama Penyelamatan Orang yang Kena Serangan Jantung adalah:

Menenangkan pasien yang kena Serangan Jantung untuk menghindari kekurangan oksigen karena panik atau gelisah, tindakan ini penting sekali agar kekurangan oksigennya tidak semakin meluas. Karena kalau kekurangan oksigen nya makin meluas maka akan merusak otot lainnya.

Setelah penderita serangan jantung tenang, pelan-pelan berikan aspirin untuk dikunyah oleh penderita. Kenapa Aspirin? Fungsi Aspirin agar darah segera encer dan menghindari pembekuan darah, tapi tidak menghancurkan plak yang menyumbat pembuluh darah. Penyakit Serangan Jantung diakibatkan oleh penyumbatan akibat plak yang pecah. Ketika tubuh bereaksi dan melakukan pembekuan darah, saluran pembuluh darah pun jadi tersumbat dan menyebabkan serangan jantung. “Jadi Aspirin harus selalu ada di rumah,” kata Antonia.

Baca Juga ...   Tips Mengisi Waktu Luang Setelah Lulus Sekolah


Mau HP Murah Berkualiatas? BACA INI DULU

Setelah pemberian Aspirin, bawalah segera penderita ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan tindakan medis selanjutnya, misalnya pemasangan stent atau ring.

Golden Period

Tindakan penyelamatan diatas harus dilakukan dalam masa Golden Period, periode emas merupakan periode untuk menyelamatkan pasien serangan jantung. Waktunya singkat, hanya 6-12 jam sejak serangan jantung menyerang sampai penderita mendapat tindakan medis.

Sangat disarankan agar golden period nya hanya 3 jam, karena jika lebih dari itu dikuatirkan akan mengakibatkan kerusakan otot jantung.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Tips Untuk Merayakan Hari Jadian Bersama Sang Pacar

zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.