News

Kayak Gini Pesona Taman Nasional Lorentz Yang Menjadi Google Doodle Hari Ini

Selebx.com, Kayak Gini Pesona Taman Nasional Lorentz Yang Menjadi Google Doodle Hari Ini – Google Doodle hari ini merayakan hari jadi Taman Nasional Lorentz Provinsi Papua Indonesia.

Kawasan Taman Nasional (TN) Lorentz sendiri ada di bagian Tengah Selatan Papua, panjangnya 2,4 juta hektar dan luasnya mencapai 25.056 kilometer persegi.

Pesona Taman Nasional Lorentz Yang Menjadi Google Doodle
Indahnya TN Lorentz

Luasnya yang mencapai 25 ribu kilometer menjadikan TN Lorentz ini sebagai taman nasional terluas di Asia Tenggara.

Kawasan TN Lorentz ini membentang sepanjang gletser khatulistiwa di jajaran pegunungan tinggi Asia Tenggara. TN Lorentz ada di ketinggian 0 – 4.884 meter dari permukaan laut.

Ekosistem TN Lorentz sangat lengkap mulai dari pesisir pantai sampai Pegunungan Alpin. Tipe vegetasinya juga terbilang lengkap mulai dari hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan hujan pada bukit, hutan kerangas, hutan pegunungan, padang rumput, dan lumut kerak.

Ekositem TN Lorentz yang lengkap dan beragam
Ekositem TN Lorentz yang lengkap dan beragam

TN Lorentz membentang dari puncak gunung bersalju hingga ke pesisir pantai yang jadi batas Laut Arafura. Kawasan taman nasional ini juga punya keanekaragaman hayati yang beragam.

Baca Juga ...   Tips Membuat Kamar Terlihat Rapi Meskipun Tak Selalu Dibersihkan

Nama kawasan TN Lorentz berasal dari ekspedisi yang dipimpin oleh Dr. H. A. Lorentz yang berasal dari Belanda tahun 1909. Tahun 1910 TN Lorentz ditetapkan sebagai Monumen Alam Lorentz masa Hindia Belanda.

Tahun 1978 TN Lorentz ditetapkan sebagai Cagar Alam (Strict Nature Reserve) oleh Pemerintah Indonesia. Kemudian tahun 1999 TN Lorentz didaftarkann sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage Site) dan pada tahun 2003 resmi menjadi Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Parks) yang ditetapkan melalui ASEAN Declaration on Heritage Parks.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Buah – Buahan Yang Wajib Kita Konsumsi Sebagai Penurun Kolesterol Dalam Darah
zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.